Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di SMK Jurusan Agribisnis Ternak Unggas, Ini Materi yang Dipelajari

Kompas.com - 26/07/2023, 16:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba oleh siapa saja. Seperti halnya bisnis ternak unggas.

Hewan unggas seperti ayam sampai sekarang masih dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari tidak heran jika permintaan ketersediaan hewan unggas di pasaran cukup tinggi.

Tentu peluang ini sangat bagus bagi kamu yang ingin menggeluti bisnis ternak unggas.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi, bisnis ternak unggas ini akan berhasil jika kita mengetahui teori dasar yang harus dilakukan dalam bisnis ternak.

Baca juga: 3 Tips Memilih Telur Ayam yang Baik, Info Ditjen Vokasi

Kini, belajar bisnis ternak bisa didapat dari Jurusan Agribisnis Ternak yang ada di SMK seluruh Indonesia.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Selasa (25/7/2023), guru Jurusan Ternak Unggas SMKN 1 Cibadak, Jawa Barat, Cecen Jamaludin memberi informasi terkait tiga materi pokok yang akan didapatkan oleh siswa yang mengambil jurusan ini.

Materi yang didapat

1. Penyiapan fasilitas unggas

Tentu, fasilitas merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan ketika kita hendak memelihara unggas. Salah satu fasilitas yang harus ada adalah kandang.
Selain menjadi tempat tinggal hewan unggas, di kandang inilah pusat terjadinya proses produksi.

Siswa harus bisa menguasai materi ini karena kandang yang baik juga akan berpengaruh pada keberhasilan produksi ternak unggas.

2. Pemeliharaan ternak

Nantinya, siswa akan belajar tentang teknik handling hewan ternak sehingga nantinya diharapkan siswa tidak mengalami kesusahan saat harus menangani hewan ternak.

Selain itu, pada materi ini siswa juga akan belajar terkait sistem pemeliharaan di mana dalam pemeliharaan ini terdapat tiga sistem, yaitu intensif, ekstensif, dan mix farming.

3. Buat perencanaan usaha

Ketika di dalam melaksanakan kegiatan usaha, tahap perencanaan menjadi hal yang sangat penting dalam proses pengembangan sebuah usaha.

Dalam hal ini siswa akan diajari bagaimana membuat perencanaan yang benar sehingga dapat membantu menentukan target jangka pendek, menengah, dan panjang.

Baca juga: 3 Tanaman Herbal Penurun Kolesterol, Info Ditjen Vokasi

Jadi, bagi siswa SMP yang nanti ingin menjadi peternak, maka informasi ini bisa menjadi gambaran ketika nanti sekolah di SMK dan mengambil Jurusan Agribisnis Ternak Unggas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com