Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Tembus Top 3 Kompetisi Ilmiah Internasional Kalahkan Ratusan Peserta

Kompas.com - 26/07/2023, 08:52 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) berhasil menembus Top 3 pada ajang International Stomalogical Students Clinical Skill Competition 2023 yang berlangsung di China pada 25 Juni hingga 09 Juli 2023.

Ajang kompetisi ilmiah internasional ini diikuti oleh FKG dari lima negara, yakni West China School of Stomatology Sichuan University China, Graduate School of Dentistry Tohoku University Japan, School of Dentistry Seoul National University Korea, Faculty of Dentistry Chulalongkorn University Thailand dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Tim yang terdiri dari Athaya Angel Wardhani, Caroline Sugandi, dan M. Ilham Prima Adiputera dari FKG UI tahun 2020 itu berhasil menyingkirkan 130 peserta lain yang berasal dari Jepang, Thailand dan Korea.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi di Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja, Apa Saja?

Sebagai satu-satunya tim yang mewakili Indonesia dalam ajang yang menjadi bagian dari kegiatan “Campus Asia Plus Symposium and University Immersion Program (CAPS UIP) 2023 ini, tim mahasiswa FKG UI berhasil melalui empat tahapan (stage) kompetisi.

Tahapan tersebut antara lain cardiopulmonary resuscitation (CPR) and chopstick skills, suturing and dental anatomy drawing, class II preparation serta intra oral scanning and clinical thinking.

Dekan FKG UI, Nia Ayu Ismaniati mengatakan, keberhasilan tim mahasiswa FKG UI masuk ke dalam jajaran Top 3 di ajang kompetisi ilmiah bergengsi menjadi bukti bahwa kompetensi sivitas akademika FKG UI sangat diperhitungkan pada level internasional. Mengingat, peserta yang berpartisipasi berasal dari universitas-universitas ternama dan memiliki reputasi yang terbaik.

"Semoga capaian ini menjadi motivasi untuk terus mengasah pengetahuan dan pengalaman untuk menghadapi kompetisi yang lebih tinggi di masa yang akan datang," kata Nia dalam keterangan resmi, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Beasiswa S2/S3 Stanford University, Tanpa IPK Tinggi dan Bebas Usia

Nia juga mengapresiasi tiga orang Dosen FKG UI yang telah sukses menjadi pembicara pada CAPS UIP 2023.

"Semoga analisis ilmiah yang dipaparkan dapat berdampak positif terhadap perkembangan Ilmu Kedokteran Gigi terutama di kawasan Asia,” ujar Nia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com