Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Kampus Peraih Penghargaan IKU, Ada PTN-BH, BLU, dan Satker

Kompas.com - 24/07/2023, 13:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai apresiasi kepada perguruan tinggi dalam tujuan Indikator Kinerja Utama (IKU), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi memberikan penghargaan capaian IKU Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2022 dan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada PTN Akademik.

Apresiasi itu diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Triwulan II Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Pemberian penghargaan capaian IKU PTN diukur dari delapan Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2021 tentang IKU PTN dan LLDikti. Adapun delapan IKU ini meliputi:

1. Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak.
2. Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.
3. Dosen berkegiatan di luar kampus.
4. Praktisi mengajar di dalam kampus.
5. Hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan mendapat rekognisi internasional.
6. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia.
7. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif.
8. Program studi berstandar internasional.

Baca juga: Rekrutmen CPNS Dibuka September 2023, Cek 10 Jurusan Banyak Dicari

Pemberian penghargaan dikelompokkan ke dalam empat liga, yang meliputi liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU), Perguruan Tinggi Satuan Kerja (PTN Satker), dan Perguruan Tinggi Satuan Kerja Seni (PTN Satker Seni).

Sebelumnya, PTN Akademik telah diminta untuk mengumpulkan data-data IKU 1 sampai 8 selama periode Bulan April-Mei 2023.

Hasil akhir penilaian IKU telah melalui proses validasi dan verifikasi yang cukup ketat dan akan disampaikan melalui Kepdirjen Penghargaan Capaian IKU PTN 2022.

Insentif BOPTN Senilai Rp 347 miliar akan diberikan pada PTN Akademik berdasarkan hasil capaiannya masing-masing.

Sedangkan penghargaan ZI-WBK diberikan kepada perguruan tinggi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi.

Pembangunan Zona Integritas sudah berlangsung pada saat era Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan dilakukan di tingkat perguruan tinggi.

Namun, sejak Ditjen Dikti kembali ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, zona integritas berfokus pada fakultas.

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, Prod. Nizam menyampaikan selamat kepada insan perguruan tinggi yang telah bekerja keras untuk mencapai IKU.

Prof. Nizam menyatakan, capaian IKU yang meningkat merupakan sebuah prestasi yang baik, dan berharap untuk ke depannya capaian IKU dapat lebih merata.

"Saya ucapkan selamat baik untuk pemenang per kategori maupun juga yang masuk dalam top 10 persen posisi teratas, tidak berarti yang di bawahnya itu kurang semangat, tapi masih sedikit kalah semangat dibandingkan dengan yang di 10 persen, jadi ke depannya harus lebih semangat lagi," ucap dia dalam keterangannya, Senin, (24/7/2023).

Baca juga: Lulus Masuk Universitas Brawijaya, Rafi Penuhi Janji Jalan Kaki 10 Km

Nizam juga mengapresiasi atas Dana Abadi Perguruan Tinggi (DAPT) yang didapatkan oleh oleh PTN-BH di atas Rp 250 miliar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com