Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Kalbis Institute Lolos Beasiswa IISMA Co-Funding 2023 ke Universitas Sains Malaysia

Kompas.com - 20/07/2023, 16:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ayralfath Adryanadi, mahasiswa Ilmu Komunikasi Kalbis Institute angakatan 2020 baru saja berhasil lolos program IISMA Co-Funding Awardee 2023 dan melanjutkan program pembelajaran ke Universitas Sains Malaysia.

Selain Adryan, dua mahasiswa Kalbis juga berhasil lolos Program IISMA Awardee 2023 yaitu Steven Amadon Putera Widi (Komunikasi, 2020) yang akan kuliah di University of Chicago, Amerika Serikat dan Nico Putra Ramadhan (Manajemen, 2020) yang akan kuliah di University of Western Australia, Australia.

Sebagai informasi, IISMA Co-Funding merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggunakan skema pendanaan parsial antara pemerintah dan mahasiswa.

Tujuannya ialah untuk memperluas kesempatan mahasiswa merasakan kuliah, mencari ilmu hingga networking di kampus-kampus terbaik luar negeri.

Lewat IISMA Co-funding, mahasiswa diberikan kesempatan yang lebih besar kepada untuk belajar selama satu semester di universitas terbaik di seluruh dunia.

Head of Admission and Brand Communication Kalbis Institute, Raymond Christantyo menyampaikan, pihaknya terus mendorong dan mendukung mahasiswa Kalbis agar dapat mendapatkan paparan dan pengalaman internasional, termasuk melalui skema beasiswa IISMA. 

“Kalbis Institute selalu mendukung berbagai usaha mahasiswa untuk bisa berkembang, salah satunya melalui program IISMA," ungkap Raymond Christantyo melalui rilis resmi (20/7/2023).

"Kami turut mempersiapkan mahasiswa kita untuk bisa merasakan pengalaman internasional dimana hal ini akan menjadi suatu hal baik yang berguna nanti di dunia kerja,” lanjut Raymond. 

Ia juga menyampaikan, "hal ini merupakan pencapaian luar biasa untuk Kalbis dan berharap mahasiswa dapat memanfaatkan momen ini sebaik baiknya dengan belajar banyak hal, memperkaya pengalaman dan berkontribusi positif dalam kegiatan program IISMA dan tentunya bisa kembali dengan baik dengan mengharumkan nama almamater."

Baca juga: Beasiswa IISMA Buka Skema Co-funding 2023, Mahasiswa Segera Daftar

Adryan sendiri mengisahkan, dirinya sudah mempersiapkan banyak hal serta usaha untuk mengikuti program seleksi IISMA dimulai dari membuat esai, melengkapi kebutuhan administrasi dengan penuh semangat, serta doa hingga dukungan orang terdekat.

"Saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk bisa belajar ke perguruan tinggi luar negeri, ada banyak mimpi, suka, cita, kebahagiaan dan berharap melalui kesempatan ini akan meningkatkan skill, wawasan, ilmu, kepercayaan diri, mentalitas dan pengembangan pribadinya dalam bidang akademik serta memiliki beragam pengalaman yang mengesankan," ungkapnya.

Ia menilai Program IISMA Co-Funding memiliki banyak sekali manfaat dan hal positif untuk bisa mengasah kompetensi, kesempatan study abroad, dan belajar banyak hal dari kehidupan dan budaya kampus yang baru.

"Tentu nantinya akan menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja setelah menjadi alumni dan lulus dari perguruan tinggi asalnya," pungkas Adryan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com