Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah IPA-IPS dengan Prospek Kerja Cemerlang Era Digital

Kompas.com - 11/07/2023, 10:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber DQLab

KOMPAS.com - Perkembangan industri di era digital begitu cepat dan memberikan dampak yang sangat signifikan di bidang pendidikan. Tidak sedikit jurusan kuliah baru yang dihadirkan guna mencetak lulusan dibutuhkan oleh industri dan sebagai bentuk kontribusi generasi muda melek data.

Terlebih, rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 mengutamakan talenta digital atau lulusan dengan kualifikasi digital.

Di Indonesia, terdapat beberapa jurusan kuliah yang lulusannya memiliki peluang kerja besar di era digital terutama pada bidang data hingga tahun 2030 mendatang.

Baca juga: Lulusan Terbaik Universitas Pertamina Disiapkan Bekerja di Pertamina Group

Berikut tujuh jurusan kuliah yang lulusannya diprediksi memiliki peluang kerja cemerlang era digital, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara:

1. Matematika dan Statistika

Jurusan matematika dan statistika menjadi jurusan yang dianggap sulit bagi banyak calon mahasiswa. Meski demikian, jurusan ini memiliki potensi tinggi dan sebagai top skill yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang data.

Kuliah di jurusan matematika dan statistika, mahasiswa akan mempelajari tentang pengumpulan data, analisis data, serta mahasiswa dapat mempresentasikan data tersebut.

Sebagai lulusan jurusan matematika dan statistika akan berkesempatan berkarier sebagai Data Analyst, Data Scientist, Market Researcher, dan praktisi data lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari Tahun 2026

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Memiliki hobi menggambar dan mengekspresikan ide melalui sebuah gambar? Jurusan desain komunikasi visual bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Mahasiswa jurusan DKV nantinya akan mempelajari ilmu desain menggunakan software menggambar tertentu seperti Photoshop, Illustrator, Corel, hingga InDesign.

 

Jurusan ini juga memberikan prospek berkarier di bidang data yang cemerlang, hal ini karena sebagai lulusan jurusan DKV dibutuhkan di segala jenis industri untuk membantu membuat desain serta pengembangan visualisasi data pada dashboard menggunakan kumpulan data.

Berikut prospek profesinya yaitu sebagai web designer, data visualization analyst, maupun sebagai UI & UX.

Baca juga: 10 Jurusan DKV Miliki Peminat Terbanyak, Referensi SNBT 2023

3. Ilmu Komunikasi

Era teknologi canggih membawa perubahan besar dalam berkomunikasi terutama dalam beberapa tahun belakangan.

Jurusan ilmu komunikasi membawa banyak peluang cemerlang bagi mahasiswa untuk mempelajari lebih dalam gaya berkomunikasi profesional serta melakukan "campaign" secara digital saat terjun ke dunia kerja.

4. Teknik Informatika

Kurikulum pembelajaran Teknik Informatika akan berfokus pada mengedepankan praktik dan studi lapangan guna membantu calon mahasiswa mengimplementasikan materi-materi yang diberikan, seperti konsep pemrograman atau sistem dasar digital.

Di jurusan teknik informatika ini nantinya mahasiswa akan belajar mengenai bahasa coding seperti Python, SQL, dan bahasa coding (pemrograman) lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com