Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Terbaik Universitas Pertamina Disiapkan Bekerja di Pertamina Group

Kompas.com - 11/07/2023, 09:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Laporan Renewable Energy and Jobs dari The International Renewable Energy Agency (IRENA) memperkirakan jumlah lapangan pekerjaan di sektor energi akan bertumbuh hingga 122 juta pada 2050.

Sekitar 35 persennya merupakan karier di bidang energi terbarukan. Sebanyak dua pertiga kebutuhan dunia akan pekerja energi terbarukan didominasi oleh Asia.

Untuk membentuk SDM yang siap berkarier di industri energi, Universitas Pertamina bekerja sama dengan para mentor dari Pertamina IN 2 ME, melakukan serangkaian penyiapan lulusan.

Baca juga: 9 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Tahun 2030, Mahasiswa Harus Tahu

"Melalui program Lulusan Merah Putih, 300 lulusan unggulan Universitas Pertamina mendapatkan pelatihan penyiapan karir. Program yang dilaksanakan sejak 19 Juni 2023, dimulai dengan sejumlah seminar persiapan kerja dan mentoring," ujar Rektor Universitas Pertamina (UPER), Prof. Wawan Gunawan A. Kadir pada acara peluncuran 100 talent pool Lulusan Merah Putih, pekan lalu.

Setelah melalui tes penyaringan, lanjut Prof Wawan, telah terpilih 100 talent pool lulusan terbaik, yang selanjutnya akan mengikuti mentoring dan seleksi penerimaan pekerja di Pertamina group.

Merek akan diuji ke dalam sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi, wawancara, hingga tes kesehatan. Kandidat yang dinyatakan lolos akan mengikuti Pre Employment Training selama enam bulan.

Tersedia 45 posisi di Pertamina grup bagi lulusan yang mampu lolos seleksi.

Baca juga: Bantuan Biaya Kuliah Rp 3 Juta Per Semester bagi Mahasiswa, Segera Daftar

Sebagai salah satu peserta yang lolos pada tahap 100 besar Lulusan Merah Putih, Muhammad Hasbi Ar-Raihan, alumni Program Studi Kimia UPER, mengungkapkan bahwa pelatihan yang diselenggarakan akan mendulang kebermanfaatan pada dirinya.

“Sebagai alumni yang mendambakan memiliki karir di Pertamina Group, saya merasakan program ini dapat mendukung impian saya. Tak hanya itu, pelatihan yang akan diisi oleh praktisi Pertamina juga dapat membantu saya memahami dunia pekerjaan di lingkungan Pertamina Grup yang penuh dengan tantangan,” ungkap Hasbi.

Hary Kuswanto, Officer Talent Acquisition & Learning Pertamina Hulu Energi sekaligus koordinator Pertamina IN 2 ME, menjelaskan program ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan dalam seleksi pekerja Pertamina.

"Pada sesi mentoring yang dilaksanakan pada 28 Juni hingga 9 Juli 2023, 100 talent pool lulusan terbaik Universitas Pertamina didampingi 24 mentor pekerja Pertamina grup. Lulusan akan mendapatkan pelatihan mengenai pemahaman dan potensi diri, kemampuan adaptasi dan perilaku kerja, kecakapan dalam melakukan komunikasi efektif, serta strategi pengelolaan konflik," ungkap Hary.

Baca juga: 7 Beasiswa S1, S2, S3 ke Luar Negeri, Pendaftaran Juli-November 2023

“Kami para mentor dari Pertamina IN 2 ME juga merasa disambut hangat oleh rekan-rekan lulusan UPER yang sangat antusias di setiap sesi pelatihan yang diadakan. Tak tanggung-tanggung, lebih dari 50 peserta memberikan pertanyaan dan turut aktif berdiskusi," sambung Hary.

Di sesi penutupan seminar, Hary juga memberikan pesan kepada para lulusan untuk tidak pernah menunggu waktu luang, namun meluangkan waktu untuk mewujudkan cita-cita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com