Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat Ikut Jalur YouTuber dan Hafiz Quran di UPN Veteran Jakarta

Kompas.com - 04/07/2023, 10:10 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - UPN Veteran Jakarta kembali membuka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur prestasi Hafiz Al Quran dan YouTuber.

Pembukaan penerimaan mahasiswa baru lewat jalur prestasi ini telah dibuka sepanjang empat tahun yang lalu.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Jalur Prestasi merupakan seleksi yang menggunakan gabungan kriteria kelulusan jalur akademik dengan prestasi akademik dan/atau non akademik.

Jalur prestasi mendapatkan kuota sebanyak 10 persen dari keseluruhan jalur seleksi mandiri di UPN Veteran Jakarta.

Adapun rinciannya bidang olimpiade sains sebesar 2 persen, olahraga dan seni 2 persen, hafiz Al Quran 2 persen, Ketua OSIS 2 persen, dan konten kreator YouTube 2 persen.

Mengutip laman UPN Veteran Jakarta, Selasa(4/7/2023) memberitahukan beberapa syarat bila ingin mengikuti jalur prestasi Hafiz dan YouTuber di UPN Veteran Jakarta. Adapun syaratnya seperti di bawah ini.

Syarat jalur prestasi Hafiz Al Quran di UPN Veteran Jakarta

1. Pendaftar yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang telah menghafal Al Quran minimal 20 juz yang dibuktikan dengan sertifikat, ijazah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau lembaga tahfiz Al Quran.

2. Pendaftar wajib mengunggah bukti asli atau berwarna sertifikat, ijazah, atau surat keterangan dari pesantren, madrasah, atau lembaga tahfiz Al Quran yang selanjutnya akan divalidasi oleh Tim Seleksi.

3. Bagi Pendaftar yang memenuhi kriteria tersebut, wajib mengikuti tes ulang hafalan Al Quran.

Baca juga: 4 Kampus Dunia yang Ramah Mahasiswa Muslim

4. Pendaftar wajib mengunggah surat pernyataan kesediaan berkontribusi bagi UPN Veteran Jakarta sesuai bidang keahlian minimal 1 prestasi per semester tingkat nasional.

5. Pendaftar wajib mengisi link pemberitaan dari website resmi sekolah atau media sosial resmi sekolah terkait prestasi yang dimiliki.

Syarat jalur prestasi jadi YouTuber di UPN Veteran Jakarta

1. Pendaftar yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki subscribers asli dengan jumlah paling kurang 10.000 subscribers.

2. Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 penonton dengan kriteria bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik, dan memenuhi standar editing, dan kualitas gambar yang baik.

3. Pendaftar wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran youtube dan menyertakan alamat tautan kanal youtube Pendaftar yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.

4. Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut, wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 sampai 5 menit dengan tema yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta dengan menggunakan peralatan atau perlengkapan masing-masing.

5. Selain itu, pendaftar wajib mengunggah surat pernyataan kesediaan berkontribusi bagi UPN Veteran Jakarta minimal membuat 1 konten promosi UPN Veteran Jakarta per semester.

Baca juga: 7 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia, Ada Binus hingga UMY

Di tahun ini, UPN Veteran Jakarta sukses menyeleksi dua peserta yang lolos verifikasi dari jalur ini. Mereka adalah Suluganwata Sihombing dan Muhammad Fauzan Haqiqi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com