Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Calon Rektor UNJ, Prof. Ucu Ingin Wujudkan "Sustainable University"

Kompas.com - 03/07/2023, 18:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Guru Besar dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Jakarta Prof. Ucu Cahyana menegaskan pentingnya peran rektor dalam pengembangan sumber daya manusia.

Rektor sebagai pimpinan universitas memiliki peranan signifikan dalam pengembangan UNJ yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia masa depan," tegas Prof. Ucu yang ditetapkan sebagai salah satu calon rektor UNJ periode 2023-2027 pada 13 Juni 2023.

Calon Rektor dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNJ ini mengusung kerangka strategis fokus pada prinsip TRUST (Transformasi, Reputasi, Unggul, Sinergi dan Terintegrasi).

"TRUST disusun berdasarkan hasil analisis situasi UNJ, kemudian dikembangkan menjadi program-program unggulan yang disampaikan dalam program kerja calon Rektor periode 2023-2027,” jelas Prof. Ucu terkait visi dan kerangka strategis yang diusungnya.

Dalam pencalonannya menjadi Rektor, Prof. Ucu menilai dirinya telah berhasil melakukan lompatan kinerja penelitian, publikasi ilmiah, dan kekayaan intelektual bagi UNJ dan memiliki visi membawa UNJ menjadi Sustainable University.

Lebih lanjut Prof. Ucu menjelaskan, salah satu konsep penting dalam mengembangkan perguruan tinggi masa depan adalah kerangka Sustainable University.

"Sustainable University merupakan sebuah landasan dalam aspek pengembangan pendidikan tinggi yang terfokus pada pendidikan unggul, internasionalisasi, teknologi, akses, budaya penelitian, lingkungan, dan partisipasi masyarakat," jelasnya.

"Hal ini dapat dicapai melalui efektivitas kepemimpinan yang kuat, organisasi yang akuntabel, dan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan," lanjut Prof. Ucu.

Transformasi tersebut, menurut Prof. Ucu mencakup lima hal, yaitu Transformasi Organisasi dan Keuangan, Transformasi Tridharma, Transformasi Sumber Daya Manusia, Transformasi Income Generating, dan Transformasi Konektivitas Internasional.

Selanjutnya, lanjutnya, dalam proses Transformasi tersebut didukung dengan program pengembangan reputasi dan keunggulan UNJ.

"Program pengembangan reputasi meliputi program membangun branding identity dan reputasi UNJ di level global. Sedangkan program pengembangan keunggulan meliputi program membangun pusat keunggulan UNJ dan menghasilkan lulusan berkarakter, unggul, dan berdaya saing global," ujarnya.

Prof. Ucu meyakini, konsep UNJ TRUST mampu mengantarkan UNJ menjadi perguruan tinggi berkelas dunia dan berkelanjutan.

"Program transformasi, reputasi, dan unggul akan berhasil dengan baik, apabila didukung oleh program yang sinergi dan terintegrasi antar berbagai unit yang ada di UNJ serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang kuat dan terpadu," tutup Prof. Ucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com