Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal UTBK SNBT 2023? Polteknaker Buka Kuliah Gratis 100 Persen

Kompas.com - 20/06/2023, 10:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Jika calon mahasiswa gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) karena tidak lulus UTBK SNBT 2023, maka bisa mengikuti seleksi kuliah gratis secara penuh di Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker).

Polteknaker berada di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca juga: Kemendikbud: Tradisi Wisuda TK-SMA Tidak Boleh Beratkan Orangtua

Program kuliah full beasiswa Polteknaker dibuka untuk para lulusan SMA/SMK/MA/MAK dari semua jurusan.

Namun, dengan catatan calon mahasiswa yang mendaftar haruslah berusia maksimal 25 tahun terhitung hingga tanggal 30 Juni 2023.

"Polteknaker memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tak lolos jalur SNBT, tapi masih memiliki keinginan kuliah di PTN. Saat ini Polteknaker masih membuka kesempatan kuliah vokasi dengan beasiswa pendidikan 100 persen ditanggung negara," ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangan resminya, Selasa (20/6/2023).

Polteknaker akan memberikan kesempatan pendidikan 100 persen bagi mahasiswa yang lulus Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023/2024.

Seleksi yang dilakukan dengan memperhatikan prinsip adil, akuntabel, efisien, dan transparan tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi seseorang.

Anwar Sanusi menegaskan sebagai perguruan tinggi non-kedinasan di bawah Kemnaker, Polteknaker telah mencetak lulusan yang unggul dan siap kerja, melalui program studi dan tenaga pendidik berkualitas.

Lanjut dia mengaku penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 lewat jalur SNBT dilakukan secara daring melalui https://pmb2.polteknaker.ac.id.

Adapun pendaftaran kuliah gratis di Polteknaker hingga 28 Juni 2023 pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Diumumkan Jam 3 Sore, Ini 37 Link Mirror Pengumuman UTBK SNBT 2023

Polteknaker menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam disiplin ilmu pengetahuan atau teknologi yang terkait dengan ketenagakerjaan. Perguruan tinggi ini terletak di Jakarta Timur.

Ada tiga program studi (Prodi) yang dibuka pada Polteknaker, yakni:

1. D3 Manajemen Sumber Daya Manusia.

2. D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Baca juga: Di Mana Melihat Pengumuman UTBK SNBT 2023? Catat Link dan Jamnya

3. D4 Relasi Industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com