Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Mandiri 2023 bagi Youtuber

Kompas.com - 11/06/2023, 11:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau UPN Jakarta membuka jalur mandiri 2023 bagi content kreator Youtube atau Youtuber.

Bagi calon mahasiswa yang berkecimpung di dunia content creator dan punya banyak subscriber di YouTube, bisa mendaftar jalur mandiri UPN Jakarta 2023.

Jadwal pendaftaran dibuka secara online mulai 2 sampai 23 Juni 2023. Pendaftaran bagi para content creator atau Youtuber ini masuk ke dalam jalur prestasi UPN Jakarta.

Jalur prestasi merupakan proses seleksi yang menggunakan gabungan kriteria kelulusan jalur akademik dengan prestasi akademik dan/atau non akademik. Jalur prestasi ini meliputi prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 sampai 3 tingkat nasional dan internasional dalam tiga tahun terakhir, hafiz Al-Quran, Ketua OSIS, dan content creator atau Youtuber.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 5 Kampus Yogyakarta, UGM hingga UII

Kuota bagi calon mahasiswa yang bergelut di bidang Youtube ini adalah 2 persen dari kuota jalur prestasi yang mencapai 10 persen dari total kuota SEMA UPN Jakarta 2023.

Untuk tahu syarat, cara daftar dan jadwal pendaftaran, cek di bawah ini. 

Syarat Seleksi Mandiri UPN 2023 bagi Youtuber

1. Jalur ini adalah bagi calon mahasiswa yang memiliki subscribers asli dengan jumlah paling kurang 10 ribu subscribers.

2. Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100 ribu penonton dengan kriteria bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik, dan memenuhi standar editing, dan kualitas gambar yang baik.

3. Pendaftar wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran Youtube dan menyertakan alamat tautan kanal Youtube pendaftar yang selanjutnya akan divalidasi oleh Tim Seleksi.

Baca juga: Daftar Kampus Dalam Negeri Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 Jenjang S2-S3

4. Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut, wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 sampai 5 menit dengan tema yang ditetapkan oleh Panitia SEMA UPN Jakarta dengan menggunakan peralatan atau perlengkapan masing-masing.

5. Pendaftar wajib mengunggah surat pernyataan kesediaan berkontribusi bagi UPN “Veteran” Jakarta minimal membuat 1 konten promosi UPN “Veteran” Jakarta per semester.

Cara daftar Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta 2023

1. Pendaftar memasukan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, nomor peserta UTBK - SNBT Tahun 2023, NISN, NPSN, nomor telepon seluler, dan alamat email untuk mendapatkan Nomor Formulir dan Personal Identification Number (PIN). Pastikan menggunakan alamat email dan nomor telepon seluler yang aktif.

2. Pendaftar akan diminta konfirmasi data UTBK – SNBT Tahun 2023. Jika sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik tombol “Simpan”. Jika tidak sesuai maka Pendaftar diminta untuk mengecek kembali data pendaftaran UTBK – SNBT Tahun 2023.

3. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Namun demikian, Pendaftar harap tetap mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN (Foto/screenshot).

Baca juga: Pendaftaran Universitas Terbuka 2023 Dibuka, Klik sia.ut.ac.id

4. Pendaftar melakukan pembayaran melalui BNI, BSI dan atau BTN untuk mengaktifkan PIN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com