Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Belajar Coding 2022 bagi Siswa-Guru dari Kemenag, Yuk Daftar

Kompas.com - 10/11/2022, 15:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa dan guru Madrasah yang ingin belajar Coding, bisa memanfaatkan program beasiswa dari Kementerian Agama (Kemenag).

Bekerja sama dengan Skilvul, Kemenag membuka beasiswa pelatihan koding bagi guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Program beasiswa Coding bernama MadrasahBisaNgoding dibuka mulai 10 November sampai 31 Desember 2022, lalu proses pelatihan akan berlangsung dari 6 hingga 20 Januari 2023.

Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag RI, Isom Yusqi mengatakan program beasiswa Coding ini mendukung transformasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: BRI Buka Lowongan Kerja Lulusan S1-S2 Banyak Jurusan, Yuk Daftar

"Selama pelatihan, para peserta akan dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya, serta akan mendapatkan sertifikasi," jelas Isom Yusqi dilansir dari Kemenag.

Dalam tahap pertama, tersedia 4.000 kuota bagi siswa-siswi madrasah. Mereka akan mengikuti Basic Web Development Course secara intensif selama 1 bulan. Program ini juga memberikan pelatihan kepada 1.250 guru MTs dan MA.

10 peserta dengan nilai dan proyek akhir terbaik akan berkesempatan maju ke Demo Day dan mendapatkan beasiswa coding bootcamp untuk 2 peserta terpilih.

Selama pelatihan, para peserta akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti pelatihan gratis dan sertifikat keikutsertaan.

Menurut Isom, transformasi digital merupakan salah satu program prioritas yang harus disiapkan sampai level madrasah. Selain pendidikan agama, madrasah dituntut mampu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai perkembangan zaman.

"Sebagai upaya meningkatkan kompetensi serta literasi digital, Kemenag gandeng Skilvul untuk beri pelatihan gratis kepada guru dan siswa madrasah," terangnya.

Baca juga: Astra International Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 dari Banyak Jurusan

Beasiswa ini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital yang akan memampukan para siswa untuk menjawab kebutuhan industri.

"Koding bisa menjadi salah satu ruang pengembangan guru dan siswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang teknologi informasi," ujarnya. "Bagi guru, koding juga diharapkan bisa meningkatkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran" tambahnya.

Berikut syarat dan jadwal Beasiswa Pelatihan #MadrasahBisaNgoding 2022 dilansir dari laman resminya.

Baca juga: Indofood Buka 10 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK, D3, dan S1

Syarat Beasiswa Pelatihan Koding Kemenag 2022

1. Pendaftaran bersifat individu, baik siswa maupun guru

2. Setiap peserta wajib memiliki akun Skilvul

3. Setiap peserta mengisi pre-test dan baseline study sebelum mengikuti program pelatihan

4. Peserta berasal dari Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di bawah naungan Kementerian Agama RI

Jadwal Beasiswa Pelatihan Koding Kemenag 2022

  • Pendaftaran Beasiswa #MadrasahBisaNgoding: 10 November - 31 Desember 2022
  • Webinar Sosialisasi #MadrasahBisaNgoding: 8 Desember 2022
  • Pelatihan: 6 Januari - 20 Januari 2023
  • Pengerjaan Final Project: 23 - 29 Januari 2023
  • Penilaian Self Learning dan Final Project: 30 Januari - 5 Februari 2023
  • Pengumuman 10 Peserta Terbaik: 7 Februari 2023
  • Demo Day Top 10 (Siswa): 12 Februari 2023
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com