Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil SMA Negeri 2 Jakarta: Terbaik di Jakarta Barat, Posisi 8 Nasional

Kompas.com - 09/11/2022, 08:15 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membagikan daftar 1.000 sekolah terbaik di seluruh Indonesia berdasarkan capaian rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022.

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jakarta menjadi yang terbaik di Jakarta Barat. Menduduki posisi pertama di Jakarta Barat dan posisi 8 nasional dengan nilai rerata UTBK 631,421.

Saat ini, SMAN 2 Jakarta dikepalai oleh Setianingrum dengan total 1.011 siswa yang dibimbing oleh 41 guru.

Baca juga: Profil SMA Kolese De Britto: SMA Swasta Terbaik di DIY, Siswa Bisa Gondrong

Jaringan Perguruan Tinggi Negeri

Sebagai sekolah terbaik di Jakarta Barat, SMAN 2 Jakarta memiliki jaringan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta yang luas.

Untuk jaringan PTN terdiri dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unbraw), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negri Jakarta (UNJ), Universitas Tanjungpura (UNTAN), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jember (Unej), Universitas Islam Negri (UIN).

Sementara jaringan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ialah Binus University, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, Unika Atma Jaya, dan Universitas Bunda Mulia.

Sekolah yang didirikan pada tanggal 24 Februari 1959 ini merupakan pengambil alihan sekolah asing melalui kebijakan pemerintah dengan program nasionalisasi.

Sebelumnya, sekolah asing yang dinasionalisasi bernama Kuo Min Tang. Lalu, berdasarkan keputusan Peperda No. 232 diubah menjadi SMA Panitia Pengawasan Sekolah (PPS).

Baca juga: Profil SMAS Kanisius Jakarta, SMA Terbaik di Jakarta Pusat

Kemudian, pada 18 Januari 1960 SMA PPS kembali diubah menjadi SMA Nasional Baperki. Namun, tidak lama kemudian ditutup dan gedungnya dipakai sebagai gedung pendidikan nasional.

Gedung yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Nomor 174 diambil alih pada 1966 untuk dijadikan apartemen Mediterania. Tidak berhenti sampai di situ, gedung yang berada di Jalan Gajah Mada Nomor 175 akhirnya menjadi gedung sekolah SMAN 2 Jakarta sampai sekarang.

Sekolah memiliki pandangan jauh ke depan atas nilai-nilai religius, berkarakter, berprestasi, cerdas, dan berwawasan lingkungan serta global.

Untuk mencapai visi itu, SMAN 2 Jakarta memiliki visi di bawah ini.

  1. Menanamkan nilai-nilai keagamaan yang memperkuat keimanan dan ketakwaan siswa.
  2. Menanamkan rasa cinta tanah air, toleransi, menghormati keberagaman, semangat kebangsaan dan integritas.
  3. Membentuk semangat kerja keras, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab.
  4. Menanamkan keteladanan dan budi pekerti melalui pengembangan kultur sekolah yang sesuai dengan norma keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan kebangsaan.
  5. Membentuk siswa kreatif, inovatif, dan cerdas yang mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional dalam menghadapi era global
  6. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, hijau, bersih, asri, dan kondusif.

Baca juga: Ini Jadwal Libur Sekolah Akhir 2022 untuk Siswa SD-SMA, Catat Ya!

Kegiatan akademis dan aktivitas sekolah

Untuk memenuhi kebutuhan akademis para siswa, sekolah menyediakan beragam pelajaran baik itu di bidang sains hingga kebahasaan. Total terdapat 18 mata pelajaran yang berada di dalam kurikulum sekolah, seperti:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Mandarin
  4. Bahasa Jerman
  5. Matematika
  6. Biologi
  7. Kimia
  8. Fisika
  9. Ekonomi
  10. Geografi
  11. Sosiologi
  12. Sejarah
  13. Agama
  14. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  15. Seni Budaya
  16. Penjasorkes
  17. Prakarya dan Kewirausahaan
  18. Bimbingan Konseling

Baca juga: 3 Sekolah Terbaik di Jawa Timur Beserta Profil Singkatnya

Tidak hanya fokus pada akademis, aktivitas baik yang dilaksanakan sekolah pun beragam. Mulai dari keagamaan berdurasi 20 menit, literasi selama 10 menit, pembinaan wali kelas, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, kegiatan Jumat bersih, senam Jumat, hingga pramuka.

Sekolah turut mendukung aktivitas di luar sekolah seperti kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional hingga internasional di berbagai bidang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com