Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Egg Freezing? Ini Penjelasan Dosen FK Unair

Kompas.com - 20/03/2022, 16:07 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah artis diberitakan melakukan egg freezing. Salah satu selebritas yang melakukan egg freezing adalah Luna Maya.

Di luar negeri, ada sejumlah nama besar lainnya yang telah melakukan egg freezing. Sebut saja Kourtney Kardashian, Kim Kardashian, Rita Ora hingga Paris Hilton.

Lalu apa sebenarnya egg freezing itu? Egg freezing merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang kesehatan yang bertujuan mempermudah pasien.

Pada bidang obstetri dan gynecology (OBGYN) kini terdapat teknologi egg freezing. Egg freezing adalah proses pembekuan sel telur (egg freezing) atau dalam istilah medis dikenal dengan mature oocyte cryopreservation.

Baca juga: Astra Buka Lowongan Kerja bagi S1, Fresh Graduate Bisa Melamar

Egg freezing adalah pembekuan sel telur

Staff pengajar Divisi Fertilitas Endokrinologi Reproduksi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) dr Jimmy Yanuar Annas menerangkan, egg freezing adalah proses pembekuan sel telur, dimana dalam metode ini sel telur wanita diambil dari ovarium.

Selanjutnya sel telur dibekukan saat tidak dibuahi dan disimpan untuk digunakan ketika wanita tersebut telah siap untuk memiliki anak.

Menurut Jimmy, ketika seseorang tersebut telah siap, maka proses akan dilanjutkan dengan fertilisasi in vitro atau bayi tabung. Yakni sel telur dibuahi dan kemudian ditanamkan pada rahim wanita tersebut.

“Sebenarnya tujuan dari egg freezing ini bermacam-macam. Utamanya dibagi menjadi dua yaitu dari indikasi medis dan indikasi sosial,” ujar Jimmy Yanuar Annas seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (20/3/2022).

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Singapura, Tunjangan Rp 68 Juta Per Tahun

Egg freezing dilakukan karena indikasi medis

Indikasi medis, lanjut Jimmy, dapat berupa adanya keganasan (kanker) pada sel di bagian organ reproduksi wanita, khususnya pada ovarium.

"Pada stadium tertentu masih dapat dilakukan kriopreservasi kesuburan," ungkapnya.

dr Jimmy menekankan bahwa kriopreservasi yang dilakukan saat program egg freezing oleh wanita bukan tanpa risiko. Beberapa terapi kanker, seperti kemoterapi, radiografi dapat memicu terjadinya menopause.

"Selain kanker ganas, penanganan yang dapat menurunkan jumlah sel telur juga menjadi pilihan untuk egg freezing adalah wanita yang mengidap endometriosis," jelas dr Jimmy.

Baca juga: 8 Manfaat Masuk PAUD bagi Anak, Orangtua Perlu Tahu

dr Jimmy menambahkan, indikasi medis berikutnya adalah kelainan bawaan atau kongenital. Namun hal tersebut masih menjadi kontroversi di dunia medis. Sebab masih ada indikasi kelainan kromosom, yang mana jika tetap dilakukan kriopreservasi sel telur, angka keberhasilan untuk hamil sangat rendah.

"Untuk indikasi sosial bisa dari kesibukan wanita yang sangat padat, sehingga belum sempat menikah di usia produktif. Namun masih tetap ingin memiliki keturunan nantinya," papar dr Jimmy.

Usia ideal lakukan egg freezing

Dia mengungkapkan, perlu diingat bahwa proses egg freezing idealnya dilakukan sebelum usia 40 tahun atau bahkan sebelum 35 tahun. Alasannya adalah pada rentang usia tersebut sel telur masih sehat.

Baca juga: Segera Dibuka, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Jalur UTBK SBMPTN

Dia berharap, dengan perkembangan teknologi bidang reproduksi, masyarakat harus lebih kritis menyikapi masalah kesehatan, utamanya terkait egg freezing.

"Masyarakat yang ingin melakukan egg freezing harus memikirkan secara matang dan harus rutin berkonsultasi dengan dokter," tutup Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com