Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pertamina Buka 3 Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

Kompas.com - 14/02/2022, 10:50 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pertamina, Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan PT Pertamina membuka peluang beasiswa bagi pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di tahun 2022.

Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK Prof. Agus Sartono mengatakan lebih dari separuh lulusan SMA/sederajat tak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada tahun 2021.

Dari 3,7 juta lulusan SMA/sederajat, sejumlah 1,9 juta pelajar tak meneruskan ke bangku kuliah. Salah satu alasannya ialah terbentur kendala biaya.

Untuk itu, Universitas Pertamina membuka tiga jalur beasiswa untuk membantu siswa menggapai mimpi meraih pendidikan tinggi.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah untuk SNMPTN 2022, Bantuan Rp 12 Juta Per Semester

Beasiswa prestasi menjadi jalan keluar bagi siswa siswi meraih mimpi, seperti yang dirasakan Samuel Purba.

“Saya nyaris mengubur impian melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya. Tapi guru saya menyarankan untuk mencoba peluang beasiswa yang diberikan Universitas Pertamina. Alhasil saya dapat menyelesaikan pendidikan, kemudian berkarier sebagai sebagai Demand Planning Analyst di PT. Swift Logistics Solution,” ujar Samuel dalam keterangan tertulis Universitas Pertamina.

Alumni program studi Teknik Logistik angkatan 2016 tersebut, menuturkan beasiswa dari Universitas Pertamina tidak hanya membantu secara ekonomi.

Lebih dari itu, melalui beasiswa prestasi Samuel dapat meningkatkan kemampuan akademik dan soft skill. Sehingga mengantarkannya meraih beragam penghargaan di sejumlah ajang kompetisi nasional hingga internasional. Salah satunya Best Oral Presentation in International Conference on Industrial Engineering and Application, yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Rektor Universitas Pertamina, Prof. IGN Wiratmaja menyebut beasiswa Universitas Pertamina didesain untuk menyiapkan mahasiswa/i menghadapi tantangan riil.

“Selama berkuliah, mahasiswa/i didorong untuk aktif berpartisipasi dalam ajang perlombaan, proyek penelitian, maupun magang di industri," tutur Prof. IGN Wiratmaja.

Bagi putra/putri terbaik Indonesia yang memiliki prestasi gemilang dapat mengikuti keberhasilan Samuel melalui sejumlah program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina, yang terdiri dari:

1. Beasiswa Future Leader

Beasiswa ini dibuka untuk siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang aktif berorganisasi dan pernah menjadi Ketua OSIS, Wakil Ketua OSIS, Ketua Pelaksana, Sekretaris ataupun Bendahara suatu kegiatan baik di tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, atau Nasional.

Beasiswa ini memberi:

  • 100 persen pembebasan biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI)
  • Menanggung Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) selama 8 semester
  • Bimbingan leadership.

Dengan nilai total beasiswa sejumlah Rp 317.600.000.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

2. Beasiswa Karakter Unggul

Beasiswa ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang berasal dari sekolah asrama (boarding), sekolah taruna pesantren atau berasrama, maupun sekolah afiliasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com