Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Banyak Hitungannya, tetapi Berprospek Cerah

Kompas.com - 09/02/2022, 11:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah prodi di ranah IPA dan IPS ini tak cuma mengandalkan kemampuan berhitung, tetapi juga logika, rumus, hingga hal-hal yang indentik detail angka.

Kemampuan tersebut dinilai penting dan semakin banyak dibutuhkan di era teknologi yang semakin maju. Semisal statistika, kalkulus dan logika merupakan tiga elemen untuk menciptakan neural network dan machine learning yang dipakai untuk membuat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Bahkan, dalam menentukan popularitas dari berjuta-juta situs yang ada, Google menggunakan aljabar linier atau matriks serta teori graf.

Bila kamu tertantang untuk "menaklukkan" angka hingga rumus, berikut jurusan kuliah yang bisa dicoba, merangkum laman Quipper Campus:

Baca juga: Beasiswa S1 Uni Emirat Arab 2022 Dibuka: Kuliah Gratis, Tunjangan Penuh

1. Matematika

Jurusan Matematika fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, hingga matematika diskrit.

Jadi, kamu akan bertemu dengan beragam konsep dalam matematika seperti mempelajari fitur lain dari angka, juga ruang multidimensi. Selain itu, ada juga lho matematika terapan untuk mempelajari aplikasi matematika di bidang lainnya.

Ilmu Matematika sejatinya sangat aplikatif, sehingga ada banyak peluang karier bagi lulusannya, misalnya di sektor keuangan, teknologi informasi, dan banyak lainnya.

Banyak perusahaan juga membutuhkan lulusan Matematika sebagai analis bisnis pada bagian production planning control maupun supply chain management.

Bahkan, perusahaan asuransi wajib menggunakan tenaga aktuaris untuk merancang produk asuransi dan tingkat premi, menentukan status keuangan perusahaan, dan melakukan proyeksi keuangan. Ini menjadi peluang besar bagi lulusan Matematika.

Kamu yang senang matematika tapi juga tertarik dengan dunia bisnis, punya peluang untuk jadi seorang big data analyst.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

2. Statistika

Statistika merupakan perpanjangan dari bidang studi Matematika. Bedanya, Statistika lebih fokus ke arah data dan pengolahannya. Sederhananya.

Jika kamu kuliah di jurusan Statistika akan mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk banyak orang.

Saat ini sistem elektronik menjadi bagian penting dalam pendataan di perusahaan, sehingga banyak membutuhkan lulusan Statistika sebagai Electronic data processing untuk memproses data-data tersebut.

Lulusan Statistika juga memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi, dan manajemen risiko.

Instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik juga butuh lulusan Statistika untuk menangani berbagai survei. Industri media pun membutuhkan ahli Statistika untuk menentukan program-program yang akan mereka sajikan.

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Milik Badan Pusat Statistik, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

3. Aktuaria

Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com