Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani Proses Akreditasi, Prodi Humas UPN Jogja Diberi Rekomendasi Ini

Kompas.com - 23/04/2021, 12:56 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu program studi baru di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) menjalani proses asesmen lapangan.

Proses ini sebagai bagian dari proses akreditasi program studi. Kegiatan yang diselenggarakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berlangsung secara daring, Rabu-Kamis (21-22/4/2021).

Adapun dua asesor BAN-PT yakni:

1. Dr. Suwandi Sumartias dari Universitas Padjadjaran

2. Dra. Dewi Kurniawati, M.Si., Ph.D., dari Universitas Sumatera Utara

Baca juga: Webinar UPN Jogja Bagikan 6 Tips Lolos Psikotes

Kegiatan asesmen lapangan dilakukan untuk mengkonfirmasi kebenaran data yang diajukan Prodi Humas UPN Jogja yang telah dikirimkan sebelumnya.

Proses akreditasi melibatkan seluruh stakehoder mulai jajaran:

  • Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai unit pengelola program studi
  • Pengurus Jurusan Ilmu Komunikasi
  • Pengurus Prodi Humas
  • Tenaga kependidikan
  • Dosen
  • Mahasiswa
  • Mitra kerja sama

Puas kuliah di Prodi Humas

Dalam sesi tanya jawab tentang kepuasan mahasiswa, seluruh mahasiswa yang hadir mengaku puas berkuliah di Prodi Humas UPN Jogja.

"Sistem pembelajarannya sangat menarik apalagi ditambah skill dosen-dosen di Prodi Humas yang cukup membantu meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Humas," papar salah seorang mahasiswa Prodi Humas UPN Jogja, Jadid ketika menjawab pertanyaan asesor.

"Selain itu juga bisa belajar dari praktisi langsung melalui kegiatan kuliah bersama praktisi," imbuhnya.

Proses asesmen lapangan merupakan tahap akhir penilaian yang dilakukan BAN-PT sebelum memutuskan suatu program studi apakah masuk dalam kategori baik, baik sekali atau unggul.

Prodi Humas UPN Jogja sendiri merupakan prodi baru di bawah koordinasi Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Jogja yang berdiri tahun 2017 lalu.

Hingga saat ini prodi yang mengambil kekhasan humas korporat dan humas pemerintahan ini belum memiliki lulusan.

Rekomendasi tim asesor

Diakhir kegiatan hari kedua tim asesor memberikan rekomendasi untuk sembilan kriteria penilaian. Rekomendasi ini diberikan dengan harapan agar prodi semakin berkembang dan semakin baik ke depannya.

Baca juga: Ini Jadwal Seleksi Mandiri UPN Jogja 2021

"Meskipun sudah dilakukan ke depan untuk pengembangan prodi kami berharap porsi pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi," terang Dewi Kurniawati.

"Tentu untuk memberikan pengalaman dan menambah softskill mahasiswa," imbuh Dewi Kurniawati dalam salah satu poin rekomendasinya.

Menanggapi seluruh rekomendasi yang diberikan tim asesor, Dekan FISIP UPN Jogja, Dr. Machya Astuti Dewi mengungkapkan siap melakukan perbaikan sesuai dengan apa yang telah direkomendasikan tim asesor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com