Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Anthony Ginting Mengontrol Harapan: Tak Berekspektasi Tinggi, tetapi...

Kompas.com - 31/07/2021, 18:20 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anthony Sinisuka Ginting selaku satu-satunya tunggal putra Indonesia yang tersisa dalam persaingan Olimpiade Tokyo 2020 mengungkapkan cara yang ia lakukan untuk mengontrol harapan selama tampil.

Anthony Ginting mengungkapkan hal tersebut setelah meraih tiket semifinal tunggal putra badminton Olimpiade Tokyo 2020.

Anthony Ginting berhak melaju ke semifinal seusai menang atas Anders Antonsen dalam duel perempat final yang berlangsung di Musashino Forest Plaza, Sabtu (31/7/2021).

Berstatus unggulan kelima, Anthony Ginting memastikan kemenangan dalam durasi 79 menit dengan skor 21-18, 15-21, dan 21-18.

Baca juga: Kalahkan Unggulan ke-3, Ginting Melaju ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Selanjutnya, pada semifinal, Anthony Ginting akan berhadapan dengan unggulan China, Chen Long.

Partai semifinal antara Anthony Ginting dan Chen Long itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (1/8/2021) pukul 11.50 WIB.

Keberhasilan Anthony Ginting dalam menembus semifinal tentu semakin mendekatkan dirinya kepada partai puncak.

Anthony Ginting pun bisa menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang menembus final Olimpiade setelah kali terakhir hal itu terwujud pada Athena 2004.

Baca juga: Kata Anthony Ginting Usai Memastikan Tiket Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Adapun tunggal putra Indonesia terakhir yang sukses mencapai final Olimpiade adalah Taufik Hidayat.

Bahkan, Taufik Hidayat ketika itu sukses membawa pulang medali emas setelah mengalahkan Shon Seung-mo (Korea) pada partai puncak.

Masyarakat Indonesia berharap Anthony Ginting bisa mengulangi pencapaian yang pernah diukir oleh Taufik Hidayat tersebut.

Dalam pernyataannya seusai laga kontra Anders Antonsen, Anthony Ginting pun mengaku ingin meraih hasil terbaik di pentas Olimpiade.

Baca juga: Kata Anders Antonsen Akui Keunggulan Anthony Ginting: Rasanya Sakit...

Namun, dia merasa perlu mengontrol harapan tersebut dengan tidak terlalu berekspektasi tinggi.

Akan tetapi, di samping itu, Anthony Ginting menegaskan bahwa dirinya pun tidak boleh terlalu merendah di tengah persaingan.

"Sejak persiapan Olimpiade, saya tidak mau berpikir terlalu jauh. Semua pemain ingin mendapat hasil terbaik di Olimpiade, tapi bagaimana caranya mengatasi harapan tersebut," kata Anthony Ginting dalam rilis NOC Indonesia.

"Jangan berekspektasi tinggi, tapi tak boleh merendah juga. Belajar dari pengalaman sebelumnya, (ekspektasi terlalu tinggi) bisa jadi bumerang. Saya ingin menikmati pertandingan di lapangan," ujar Anthony Ginting.

Baca juga: Jumpa Chen Long, Bagaimana Kans Anthony Ginting di Semifinal Olimpiade Tokyo?

Terlepas dari caranya mengontrol harapan, Anthony Ginting mengatakan bahwa dirinya akan selalu berusaha tampil maksimal, termasuk pada semifinal kontra Chen Long.

"Ini berarti segalanya bagi saya, untuk berada di semifinal karena ini adalah Olimpiade, salah satu impian saya," ucap Anthony Ginting.

"Saya mencoba memberikan yang terbaik setiap saat," tutur Anthony Ginting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com