Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Beroperasi 12 Juli 2023, Benarkah Gratis Selama Sebulan?

Kompas.com - 22/05/2023, 10:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebutkan LRT Jabodebek akan digratiskan selama sebulan mulai 12 Juli 2023, viral di media sosial TikTok setelah diunggah oleh akun TikTok @artechproacc.

"LRT Jabodebek Gratis. Nah ini satu bulan pertama pemakaian LRT Jabodebek gratis buat pengguna umum," kata akun tersebut dalam videonya.

Dalam unggahan itu juga ditunjukkan tangkapan layar pemberitaan online yang menyebut bahwa "Mulai 12 Juli 2023, masyarakat bisa naik LRT Jabodebek Gratis selama sebulan,".

Hingga Sabtu (20/5/2023) unggahan tersebut telaah dilihat lebih dari 50.000 kali, dan disukai lebih dari 3.220 akun.

Lantas benarkah LRT Jabodebek tersebut akan dioperasikan gratis selama sebulan mulai 12 Juli 2023?

Baca juga: Kabar Gembira! 12 Juli 2023, LRT Jabodebek Mulai Beroperasi

Penjelasan pengelola LRT Jabodebek

Kepala Divisi LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi menjelaskan, informasi LRT Jabodebek akan digratiskan selama sebulan menurutnya kurang tepatt.

"Bukan digratiskan, tapi akan diikutkan dalam joy trip dengan undangan atau akan diatur mekanisme mendaftar via medsos LRT," terang Purnomosidi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan karena LRT masih dalam tahap sosialisasi.

Menurutnya, LRT tersebut nantinya akan dioperasika dua rute, yakni LRT Bekasi Timur-Dukuh Atas, serta Harjamukti-Dukuh Atas.

Uji coba LRT Jabodebek

Sementara itu, dihubungi terpisah Manager Publik Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo menjelaskan LRT Jabodebek telah dilakukan uji coba mulai Senin (15/5/2023) atau trail run tanpa membawa penumpang.

Uji coba tersebut menurutnya dilakukan untuk memastikan kesiapan menjelang pengoperasian dengan penumpang yang akan dilakukan pada 12 Juli 2023 nanti.

"Trial run saat ini akan dilakukan semua ujicoba perjalanan, mulai kondisi normal hingga kondisi tidak normal seperti saat terjadi gangguan perjalanan dan sebagainya," kata Kuswardoyo dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com