Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Kerja Tes Captcha atau Tombol "I'm Not a Robot"?

Kompas.com - 02/05/2023, 12:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menggunakan internet, pengguna kerap mengikuti tes "I'm not a robot" untuk membuktikan dirinya bukanlah robot.

Tes ini biasanya mengharuskan pengguna internet untuk mengeklik atau mencentang kotak kecil di samping keterangan "Saya Bukan Robot".

Selain itu, bisa juga menyelesaikan tugas berupa memilih gambar benda tertentu dari sekian foto yang disediakan.

Baca juga: Profil Wahyu Kenzo, Crazy Rich Surabaya yang Terjerat Kasus Robot Trading

Namun, bagaimana cara kerja alat ini?


Tes "Saya Bukan Robot" atau Captcha

Tes untuk menentukan apakah pengguna merupakan manusia atau robot disebut sebagai Captcha, kependekan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart.

Dikutip dari laman UMS, tes ini terdiri dari beberapa jenis, tetapi paling sering muncul adalah Captcha susunan alfabet acak serta Captcha pilihan gambar yang harus dipilih sesuai pernyataan.

Sesuai namanya, Captcha memang sengaja dibuat untuk melakukan verifikasi pengguna adalah manusia, dan bukan robot maupun program komputer sejenisnya.

Meski terlihat sederhana, tes-tes ini dapat menggagalkan upaya komputer atau robot untuk meretas kata sandi.

Baca juga: Daftar Password yang Paling Sering Digunakan pada 2021, Apa Saja?

Dilansir dari laman Reader's Digest, saat robot mencoba untuk meretas kata sandi, mereka akan memasukkan ribuan kombinasi kata sandi potensial.

Komputer atau robot ini dapat mengulangi tindakan yang diprogram dengan sangat cepat, misalnya mencoba semua kata sandi dari A hingga Z.

Kehadiran Captcha akan menjebak robot yang mencoba mengambil alih pengguna. Mereka dirancang untuk melakukan tugas kompleks, sehingga sebuah tes sederhana akan menggagalkannya.

"Komputer tidak pandai memecahkan masalah yang sepele bagi manusia," jelas chief technology officer Casaba Security, John Lloyd.

Kondisi ini berbeda dengan manusia, yang dengan mudah dapat mengenali kisi-kisi foto sebagai mobil, penyeberangan, atau lampu lalu lintas.

Baca juga: Celetukan Segede Gaban, Sebesar Apa Itu?

Cara kerja tes Captcha

Ilustrasi fitur Automatic Verification di iOS 16, yang membuat tak perlu lagi verfikasi kode CAPTCHA. MacRumors Ilustrasi fitur Automatic Verification di iOS 16, yang membuat tak perlu lagi verfikasi kode CAPTCHA.

Menurut firma keamanan siber Cloudflare, seperti dikutip IFL Science, tes Captcha bekerja dengan melacak pergerakan kursor pengguna saat mereka memindahkannya ke kotak untuk menjalankan tes.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com