Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kejanggalan Kematian AKBP Buddy, Keluarga Tak Percaya Bunuh Diri

Kompas.com - 30/04/2023, 14:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur AKBP Buddy Alfrits Towoliu ditemukan meninggal dunia di rel kereta kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada Sabtu (29/4/2023).

Dikutip dari Kompas.com (29/4/2023), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Buddy diduga meninggal karena bunuh diri dengan cara menabrakkan diri ke kereta.

Dugaan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan awal yang dilakukan oleh jajaran penyidik.

"Didapatkan untuk sementara hari ini, dari langkah-langkah yang kami lakukan ini patut diduga bunuh diri. Sementara ini dalam proses penyelidikan," ujar Trunoyudo

Jasad korban kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk dilakukan visum.

"Untuk motif ini masih didalami. Jenazah korban saat ini sudah dibawa ke RS Polri untuk segera kami lakukan visum," kata Trunoyudo.

Terkait pernyataan Polda Metro Jaya yang menyebut kematian AKBP Buddy Towoliu karena bunuh diri, pihak keluarga menolak hal tersebut.

Berikut ini sejumlah kejanggalan kematian AKBP Buddy versi keluarga yang meragukan kematian karena bunuh diri:

1. AKBP Buddy baru menempati jabatan baru

Paman AKBP Buddy, Cyprus A Tatali menyampaikan, AKBP Buddy baru menempati jabatan barunya di Polres Metro Jakarta Timur. 

Sebelumnya AKBP Buddy baru saja dimutasi dari jabatan Kasubbid Paminal Polda Metro Jaya menjadi Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur.

Keluarga menduga kematian Buddy terkait tugas barunya untuk menyelidiki kasus narkoba dan berhadapan dengan pengedar hingga bandar narkoba.

"Kami menduga karena jabatan baru, mungkin diduga dia mau sidik. Kan Kasat Narkoba, kan di situ berhadapan dengan mafia, pelaku-pelaku mafia," ujar Cyprus dikutip dari Kompas.com (29/4/2023).

2. AKBP Buddy sempat terima telepon seseorang

Sebelum ditemukan meninggal dunia, AKBP Buddy disebutkan sempat menerima telepon dari seseorang saat tengah berada di kantor.

Setelah menerima panggilan telepon tersebut, AKBP Buddy lalu bergegas pergi ke suatu tempat.

"Enggak sampai satu jam dari terima telepon dari seseorang itu langsung dapat kabar berita beliau meninggal," ujar Cyprus dikutip dari Kompas.com (30/4/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com