Kompas.com - 07/10/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Di dunia ini ada hewan-hewan yang terkenal memiliki otak encer, sehingga mereka bisa menghapal manusia, menghapal kosakata, dan memahami komunikasi manusia meski hanya dalam level dasar. 

Mereka adalah anjing, kucing, lumba-lumba, beberapa jenis burung, makhluk primata, juga lumba-lumba. 

Dilansir dari Kompas.com (23/5/2021), hewan yang kecerdasannya hampir menyamai manusia ini salah satunya adalah burung gagak.

Banyak kelebihan dari burung gagak. Pertama, ia bisa mengenali para binatang predator dan para binatang jinak hanya dengan membedakannya melalui ekspresi wajah.

Kedua, burung gagak juga bisa membedakan musim, sehingga ia dan kawanannya akan bermigrasi di waktu yang aman agar tak dibunuh oleh para petani.

Ketiga, lewat insting dan kemampuan berpikirnya, burung gagak juga bisa menghapal rute truk sampah yang ada di kota habitatnya, sehingga mereka bisa mencari makan dari ceceran sampah di waktu yang tepat.

Lantas, adakah hewan-hewan terbodoh di dunia?

Lima hewan di bawah ini bukannya tak memiliki otak atau tak memiliki kemampuan berpikir. Hanya saja dari tingkah laku kesehariannya, mereka bisa digolongkan kepada hewan-hewan yang tak begitu pintar.

Apa saja?

Baca juga: Binatang-binatang yang Kecerdasannya Menyamai Manusia

1. Koala

Dilansir dari Valuewalk, koala memiliki ukuran otak paling kecil di antara hewan lainnya. Ukuran ini adalah rasio antara ukuran otak dan besar tubuh masing-masing binatang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.