Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan Terbodoh di Dunia, Apa Saja?

Kompas.com - 07/10/2022, 08:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di dunia ini ada hewan-hewan yang terkenal memiliki otak encer, sehingga mereka bisa menghapal manusia, menghapal kosakata, dan memahami komunikasi manusia meski hanya dalam level dasar. 

Mereka adalah anjing, kucing, lumba-lumba, beberapa jenis burung, makhluk primata, juga lumba-lumba. 

Dilansir dari Kompas.com (23/5/2021), hewan yang kecerdasannya hampir menyamai manusia ini salah satunya adalah burung gagak.

Banyak kelebihan dari burung gagak. Pertama, ia bisa mengenali para binatang predator dan para binatang jinak hanya dengan membedakannya melalui ekspresi wajah.

Kedua, burung gagak juga bisa membedakan musim, sehingga ia dan kawanannya akan bermigrasi di waktu yang aman agar tak dibunuh oleh para petani.

Ketiga, lewat insting dan kemampuan berpikirnya, burung gagak juga bisa menghapal rute truk sampah yang ada di kota habitatnya, sehingga mereka bisa mencari makan dari ceceran sampah di waktu yang tepat.

Lantas, adakah hewan-hewan terbodoh di dunia?

Lima hewan di bawah ini bukannya tak memiliki otak atau tak memiliki kemampuan berpikir. Hanya saja dari tingkah laku kesehariannya, mereka bisa digolongkan kepada hewan-hewan yang tak begitu pintar.

Apa saja?

Baca juga: Binatang-binatang yang Kecerdasannya Menyamai Manusia

1. Koala

Dilansir dari Valuewalk, koala memiliki ukuran otak paling kecil di antara hewan lainnya. Ukuran ini adalah rasio antara ukuran otak dan besar tubuh masing-masing binatang.

Dalam soal memilih makanan, koala terkenal sebagai binatang yang tak bisa memilah bahan makanan paling bergizi dan paling bermanfaat bagi tubuhnya.

Koala suka memakan daun mint yang rendah nutrisi dan tak begitu bermanfaat kesehatan bagi tumbuh kembangnya.

Kadang-kadang, mereka tidak bisa mengenali makanannya sendiri, hingga beberapa terdera kelaparan dan mati.

Koala resmi masuk ke dalam daftar hewan terancam punah di Australia. AnnyksPhotography/PIXABAY Koala resmi masuk ke dalam daftar hewan terancam punah di Australia.

2. Burung kakapo

Burung kakapo adalah burung asal Selandia Baru. Ketika berhadapan dengan predator, mereka seringnya justru memilih kaku daripada terbang menyelamatkan diri.

Selain tak mau memakan sembarang biji-bijian dan memilih kelaparan, burung ini juga tak pandai dalam bereproduksi.

Baca juga: Cara Masuk Kebun Binatang Ragunan Terbaru

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com