Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Terbaru: Wanita Lebih Mudah Selingkuh Dibanding Pria

Kompas.com - 04/09/2022, 10:05 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini pria dinilai lebih mudah selingkuh dibanding wanita. Namun menurut penelitian yang ditulis oleh Wednesday Martin, justru wanita lah yang ternyata lebih mudah selingkuh.

Dilansir New York Post, 23 Agustus 2022, seorang antropolog dan penulis Untrue, Wednesday Martin, menyebut penelitiannya ini sebagai sebuah koreksi besar.

Sebelumnya di masyarakat luas ada anggapan bahwa kebanyakan pria yang selingkuh karena pasangannya kehilangan minat pada seks.

Martin mewawancarai lusinan sosiolog, peneliti seks, dan antropolog untuk bukunya tentang perselingkuhan wanita.

“Penelitian baru ini mengoreksi anggapan keliru bahwa wanita memiliki libido yang lebih rendah, bahwa wanita secara alami lebih monogami dan lebih mudah bagi wanita untuk berpasangan seumur hidup,” kata Martin.

Baca juga: Kapan Saatnya Anda Mulai Curiga Pasangan Selingkuh dengan Rekan Kerja?

Lanjutnya, wanita tidak suka seks lebih sedikit daripada pria, tapi mereka bosan dengan seks yang monoton.

Selain itu dia juga menemukan bahwa pria memiliki tingkat keinginan spontan yang lebih tinggi dibanding wanita.

Tapi wanita memiliki tingkat responsif atau terpicu lebih tinggi dibanding pria.

Martin menjelaskan keinginan spontan adalah ketika seseorang tiba-tiba berpikir "akan menyenangkan untuk berhubungan seks". Hal itu terjadi secara spontan seperti saat merasa lapar atau haus.

Sementara itu keinginan responsif menurut Martin terjadi ketika sesuatu menyarankan gagasan seks kepada seseorang. Misalnya ketika seseorang sedang menonton atau membaca sesuatu, atau ketika pasangan memulai hubungan seksual.

Baca juga: Hati-hati, Studi Sebut Gaji Kecil Bikin Otak Kita Menua Lebih Cepat

Alasan wanita selingkuh

Dilansir News, 15 Juli 2022, Martin mengatakan mitos bahwa wanita berselingkuh karena alasan emosional sementara pria berselingkuh karena alasan seksual juga telah dipatahkan.

Dia mengutip penelitian yang dilakukan oleh Missouri State University pada sekelompok wanita yang menggunakan situs web Ashley Madison khusus untuk menipu.

"Para wanita yang diteliti membuka situs, membuat profil, memeriksa kandidat, bertemu langsung dengan mereka (pria), dan 'mengaudisi' mereka. Ini adalah proses yang sangat disengaja. Mereka ingin mencari pasangan untuk berhubungan seks," ujar Martin.

Ada yang melakukan hal tersebut karena mereka berada dalam ikatan pernikahan tanpa seks atau tanpa orgasme dan mereka hanya menginginkan apa yang tidak mereka dapat di rumah.

Akan tetapi sebagian besar justru sebaliknya, mereka menjalin ikatan pernikahan yang bahagia atau sedang dalam suatu hubungan, dan selingkuh adalah cara bagi mereka untuk tetap dalam hubungan utama mereka.

Baca juga: 3 Kasus Selingkuh Berujung Maut di Indonesia

Selingkuh adalah tindakan tak terpuji yang dialami oleh siapa saja.Freepik/makistock Selingkuh adalah tindakan tak terpuji yang dialami oleh siapa saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com