Kompas.com - 25/05/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Menghafal cepat bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Namun, sering kali metode menghafal diperlukan dalam pembelajaran di sekolah.

Meskipun tidak semua pelajaran di sekolah harus dihafal. Sebab, alih-alih menghafal, siswa juga diimbau untuk memahami materi pelajaran.

Kemampuan untuk memahami informasi baru tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengingat apa yang Anda pelajari sebelumnya.

Sebagai contoh, materi tabel periodik pada mata pelajaran kimia merupakan salah satu materi pembelajaran yang perlu diingat menggunakan metode menghafal cepat.

Lantas bagaimana cara menghafal cepat dan mengingatknya lebih lama?

Baca juga: Hafal Pembukaan UUD 1945, Ganjar Hadiahi Siswi di Wonogiri Sebuah Sepeda

1. Menggunakan jembatan keledai

Teknik jembatan keledai ini pernah dikenalkan oleh Tan Malaka dalan bukunya yang berjudul 'Madilog'.

Jembatan keledai adalah cara menghafal cepat menggunakan hal yang mudah diingat.

Dilansir dari Kompas.com, jembatan kedelai juga sering disebut dengan teknik mnemonic. Caranya adalah dengan mengasosiasikan hal yang ingin diingat dengan sesuatu yang mudah dihafal oleh otak.

Sebagai contoh, urutan warna pada pelangi bisa diingat menggunakan metode jembatan keledai, yakni mejikuhibiniu yang merupakan singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Contoh lainnya adalah materi tabel periodik pada pelajaran Kimia Golongan 8A, yaitu Heboh Negara Arab Krena Xenon Radon yang merupakan singkatan dari unsur He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn.

Baca juga: Sandi Morse: Rumus, Sejarah, Contoh, dan Cara Menghafal

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.