Kompas.com - 15/03/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Hujan dengan intensitas lebat masih terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia, bahkan menyebabkan banjir di beberapa daerah.

Seperti banjir yang baru-baru ini melanda Kota Cirebon Jawa Barat, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, dan Kabupaten Malang Jawa Timur.

Padahal, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak musim penghujan 2022 terjadi pada Januari hingga Februari.

Lantas, bagaimana penjelasannya?

Baca juga: Fenomena Hujan Es di Sejumlah Daerah, BMKG Jelaskan Penyebabnya

Penjelasan BMKG

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, saat ini Indonesia sudah tidak berada di puncak musim hujan 2022, karena puncak musim hujan sudah terlalui.

"Secara umum, puncak musim hujan Januari-Februari sudah terlalui untuk beberapa wilayah di Indonesia, saat ini Maret-April-Mei memasuki musim pancaroba," kata Guswanto, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Namun, di musim peralihan atau pancaroba ini, Guswanto mengatakan, hujan masih akan terus terjadi dengan karakteristik tertentu.

"Karakteristik cuaca di saat pancaroba adalah terjadi hujan lebat periode singkat, disertai kilat dan petir, terkadang disertai hujan es, bahkan sering terjadi hujan es, bahkan sering muncul angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km/jam, terkadang muncul fenomena puting beliung," papar dia.

Jadi, tidak heran, meski puncak musim penghujan sudah lewat, tapi hujan dengan intensitas lebat masih sering terjadi.

Hujan lebat di masa pancaroba ini banyak terjadi di daerah sekitar garis khatulistiwa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.