Kompas.com - 09/03/2022, 08:00 WIB

 

KOMPAS.com – Pengguna Shopee tentu tak asing dengan game Shopee Bubble. Selain menawarkan hadiah menarik, seperti koin dan voucer yang bisa dipakai belanja lagi di Shopee, game bergenre puzzle ini juga menyenangkan karena dapat mengusir rasa jenuh akibat rutinitas harian.

Menariknya, tidak hanya pelanggan Shopee di Indonesia saja yang memainkan permainan tersebut, tapi juga Asia Tenggara, Taiwan, hingga Brasil.

Kesuksesan Shopee Bubble menarik minat bermain game para pengguna Shopee tak terlepas dari campur tangan Monica Wijaya. Perempuan tamatan Universitas Indonesia (UI) Jurusan Teknologi Biopress, Departemen Teknik Kimia, ini merupakan Product Manager Shopee Indonesia.

Selain Shopee Bubble, ia juga berperan dalam pembuatan puluhan fitur game dan marketing di platform e-commerce tersebut.

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap 8 Maret, Monica membagikan kisahnya melakoni profesi yang sering kali disebut sebagai bidang pekerjaan laki-laki. Perjalanan karier Monica sejalan dengan tema Hari Perempuan Internasional tahun ini, yakni #BreakTheBias. 

“Saya hobi bermain games sejak lama. Candy Crush menjadi salah satu permainan favorit saya. Kegemaran ini menjadi salah satu penyokong karier saya,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Gelar Kampanye 3.15 Hari Belanja Konsumen, Shopee Ajak Penggunanya Apresiasi Diri Sendiri

Lebih lanjut, Monica menuturkan bahwa bisa bekerja di Shopee merupakan pengalaman menarik. Ia bisa mengawinkan hobi dengan kemampuan analisis yang didapat sewaktu kuliah untuk menghasilkan manfaat cukup besar bagi pengguna platform tersebut. Bahkan, semenjak bekerja di Shopee Indonesia, kegemarannya bermain game malah semakin tersalurkan.

“Selain itu, berkarir sebagai product manager dalam platform digital secara tidak langsung mematahkan stereotip bahwa industri game developer hanya milik kaum adam,” imbuh ibu anak satu itu.

Sepanjang empat tahun berkarier di Shopee Indonesia, Monica bersama tim sudah menghasilkan lebih dari 10 game pada fitur Shopee Games. Salah satunya, Tebak Kata yang juga dimainkan pengguna Shopee di banyak negara.

Ia juga getol meneliti beragam game yang pernah dimainkan. Hasil riset tersebut akan menjadi rujukan produk permainan virtual yang akan dikembangkan olehnya dan tim engineering Shopee Indonesia.

Monica mendobrak bias dan stereotip bahwa bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi hanya untuk laki-laki. DOK. Istimewa Monica mendobrak bias dan stereotip bahwa bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi hanya untuk laki-laki.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.