Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Mood Kucing dari Pose Tidur Mereka

Kompas.com - 28/02/2022, 08:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.comPose tidur kucing atau posisi tidur kucing ternyata melambangkan mood atau suasana hati yang tengah dialami kucing.

Kucing tidur dengan beragam pose. Mulai dari meringkuk dengan melengkungkan tubuhnya, telentang dan memperlihatkan perutnya, mendekam, miring, hingga tidur dengan mata setengah terbuka.

Nah berbagai pose tidur ini, ternyata tak dilakukan kucing tanpa sebab. Ada berbagai suasana hati yang membuat kucing memilih memejam dengan pose tertentu.

Penasaran dengan arti dari pose tidur kucing? Berikut ini arti pose tidur kucing, seperti dilansir dari Newsweek:

1. Meringkuk atau melingkar

Kucing tidur melingkar untuk mempertahankan subuh tubuhnya.PEXELS/MIKE Kucing tidur melingkar untuk mempertahankan subuh tubuhnya.
Terkadang kucing akan tidur melingkar atau meringkuk dengan menyatukan kaki belakangnya bertemu dengan kepalanya ketika mereka kedinginan.

Kucing liar yang hidup di jalanan atau hutan, akan mengambil pose tidur ini untuk dua maksud. Pertama, untuk menghangatkan tubuhnya. Dan kedua, untuk melipat tubuhnya menjadi kecil agar tak terlihat oleh predator.

Menurut dr. Lori Teller dari Texas A&M University, dalam pose ini kucing juga sering menutup matanya dengan kedua kaki depannya.

"Kucing mengambil posisi ini jika dirinya merasa sangat nyaman atau kelelahan, dan seolah memberi tanda agar tak ada yang mengganggu karena mereka berniat tidur lelap," ujar Teller.

Baca juga: Mengapa Flu pada Kucing Susah Sembuh? Ini Penjelasannya

2. Tidur dengan mata setengah terbuka

Terkadang dalam berbagai macam pose, kucing akan terlelap dengan mata setengah terbuka. Dalam pose ini, kucing mengalami dua fase kesadaran, yaitu setengahnya tertidur, dan setengahnya lagi terjaga waspada.

Kucing akan tidur dalam kondisi begini jika ia merasa lingkungan di sekitarnya tak terlalu aman, sehingga mereka merasa harus tetap waspada terhadap bahaya musuh atau predator.

3. Mendekam

Ketika mendekam, kucing biasanya akan melipat kaki dengannya ke depan tubuhnya.

Vicki Jo Harrison, Presiden The International Cat Association (TICA), menyatakan bahwa kucing akan memilih tidur dalam posisi ini ketika mereka mengantuk, namun setengah kesadarannya ingin tetap terjaga dan waspada.

Jadi ketika terjadi ancaman, posisi tubuhnya memudahkan mereka untuk segera beraksi bangun juga berlari.

"Kucing yang tidur mendekam biasanya merasa nyaman berada di sekitar pemiliknya, meski mereka tetap waspada dan siaga," ujar Harrison.

Baca juga: Bukan karena Penasaran, Ini Alasan Kucing Selalu Mengikuti Kita

4. Tidur miring

Kucing yang tidur miring atau menyamping biasanya berada dalam mood yang tenang dan bahagia. Mereka percaya dengan lingkungan di sekitarnya dan merasa sangat rileks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com