Kompas.com - 19/01/2022, 11:05 WIB
Karakter Toy Story di Toy Story Land disneyworld.disney.go.comKarakter Toy Story di Toy Story Land

KOMPAS.com - Hari ini 29 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 19 Januari 1993, Pixar Animation Studios memulai produksi film animasi panjang pertama, Toy Story.

Pada awalnya, Pixar merupakan cabang dari perusahaan efek visual milik sutradara George Lucas, Industrial Light and Magic (ILM).

Dilansir dari History, Pixar pertama kali menempatkan diri dalam pembutan film dengan efek digital tiga dimensi atau computer-generated image (CGI) untuk film Young Sherlock Holmes (1985).

Namun pada 1986, Pixar menjadi perusahaan independen setelah dibeli oleh Steve Jobs, salah satu pendiri Apple Computer.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Film Rocky Tayang Perdana

Produk pertama Pixar

Produk pertama perusahaan ini adalah Pixar Image Computer, yang digunakan oleh animator Disney John Lasseter untuk memproduksi film animasi pendek Luxo Jr.

Film tersebut sukses memenangkan Best Animated Short di ajang Academy Awards pada 1986, sekaligus melambungkan nama Pixar.

Lasseter juga memenangkan penghargaan Oscar lain pada 1989 untuk film Tin Toy, film animasi pendek yang menampilkan seorang drummer mekanik bernama Tinny.

Karakter Tinny kemudian menjadi dasar untuk Buzz Lightyear, mainan luar angkasa yang merupakan salah satu karakter utama Toy Story.

Baca juga: Film Marvel Eternals Dinyatakan Lulus Sensor, Kapan Tayang di Bioskop?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.