Kompas.com - 09/09/2021, 15:30 WIB
Dedaunan akan menguning jika tanaman tumbuh tak sehat. Unsplash/Mariam SolimanDedaunan akan menguning jika tanaman tumbuh tak sehat.

KOMPAS.com - Penyakit tanaman sangat banyak. Penyebabnya juga beragam. Bisa karena media tanam yang kurang nutrisi, jamur dan hama, atau kesalahan dalam hal perawatan harian.

Salah satu jenis gangguan penyakit pada tanaman adalah perubahan pigmen warna pada daun.

Ketika tumbuh sehat, tanaman akan mengeluarkan dedaunan yang hijau dan menyegarkan mata.

Namun di suatu hari tanpa pertanda, daun-daun hijau tersebut bisa menguning perlahan-lahan hingga akhirnya ia layu dan berjatuhan.

Daun yang menguning ini bisa disebabkan banyak hal. Dan solusinya, tergantung dari penyebab yang ada melatarbelakanginya.

Baca juga: 6 Tanda Tanaman Akan Mati

Penyebab dedaunan menguning

Dilansir dari Gardeningknowhow, tanaman sensitif tehadap perubahan cuaca, intensitas cahaya, perubahan kimiawi pada tanah, perubahan asam basa pada tempat hidupnya, dan serangan serangga dan hama-hama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daun yang menguning bisa menjadi pertanda tanaman kehilangan keseimbangan akan nutrisi tanah atau kandungan-kandungan kimiawi tertentu pada tempat hidupnya.

Ilustrasi menyiram tanaman dengan cara disemprot. SHUTTERSTOCK/DMITRY KALINOVSKY Ilustrasi menyiram tanaman dengan cara disemprot.
Daun yang tak lagi hijau juga bisa jadi tanda bahwa tanaman kekurangan atau justru kelebihan kandungan air.

Penyebab daun menguning lainnya adalah, bisa jadi karena tanaman terekspos matahari terlalu banyak sehingga daun terbakar dan tak lagi hijau.

Atau tanaman kekurangan cahaya matahari untuk digunakan fotosintesis, sehingga dedaunan kekurangan nutrisi dan menguning.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.