Kompas.com - 09/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi wanita hamil SHUTTERSTOCKIlustrasi wanita hamil

KOMPAS.com - Kehamilan adalah momen yang dinanti oleh semua wanita. Di fase kehamilan, akan ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh dan hidup seorang wanita.

Penyesuaian demi penyesuaian terjadi di hampir sepanjang rentang waktu 9 bulan. Meski di trimester pertama kehamilan, adalah penyesuaian yang membutuhkan tenaga dan kesabaran lebih ekstra. 

Hal ini lantaran morning sickness, kerap menyerang dan "melumpuhkan" para calon ibu. Rasa mual yang mendera bisa datang dari derajat ringan hingga sangat berat.

Trimester pertama, terlebih di kehamilan pertama di mana calon ibu belum mengenal benar fase kehamilan, adalah momen adaptasi yang tak mudah bagi beberapa wanita. 

Itu sebabnya, beberapa calon ibu secara tak sengaja melakukan beberapa kesalahan yang bisa merugikan dan membahayakan kondisi ibu dan janin.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Dilansir dari Times of Indiaini 7 kebiasaan-kebiasaan yang bisa membahayakan kehamilan dan sering dilakukan calon ibu di masa trimester pertama:

Baca juga: Nyeri Punggung ketika Hamil? Redakan dengan Terapi Rumahan Ini

1. Tetap berada di dekat asap rokok

Ilustrasi rokokShutterstock Ilustrasi rokok
Di fase ini, sering kali para calon ibu masih tetap berada di lingkungan yang dipenuhi asap rokok. Entah asap rokok dari pasangannya atau dari orang-orang di sekitarnya.

Padahal bahaya dari asap nikotin bagi kehamilan sangatlah jelas. Nikotin bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur atau malah kecacatan janin.

2. Belum menghindari alkohol

Alkohol sama berbahayanya dengan rokok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.