Pemerintah Fokus pada Kekebalan Kelompok Sebelum Bicara soal Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Kompas.com - 24/07/2021, 18:17 WIB
Ilustrasi vaksinasi. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi vaksinasi.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan mulai memberikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan.

Vaksinasi dosis ketiga atau booster ini dimulai di RSCM dan diberikan pada 50 guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan beberapa dokter, Jumat (16/7/2021)..

Booster hanya diperuntukkan bagi 1,4 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, sebagai kelompok yang paling rentan tertular Covid-19.

Juru bicara pemerintah terkait penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, mengatakan, fokus pemerintah saat ini adalah membentuk kekebalan kelompok.

"Kekebalan kelompok dulu yang kita kejar, untuk melindungi sesama, sebelum bicara suntikan tambahan," kata Reisa saat siaran pers PPKM dalam rangka Hari Anak Nasional yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Gunakan Vaksin Moderna, Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Nakes Dimulai

Dahulukan kelompok rentan

Berdasarkan data Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga Sabtu (24/7/2021) pukul 12.00 WIB, baru 21,18 persen orang yang mendapat dosis pertama vaksin Covid-19 dari total taget sasaran vaksinasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita masih perlu untuk memfokuskan untuk mengejar target, memvaksinasi orang-orang yang sudah kita masukan dalam kategori kelompok sasaran," kata Reisa, yang juga Duta Adaptasi Kebiasaan Baru.

Totalnya, ada 208.265.720 orang yang masuk dalam sasaran vaksinasi.

Data itu termasuk tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan, masyarakat umum, dan remaja usia 12-17 tahun.

"Penyandang disabilitas, mereka yang tinggal di keluarga yang kurang sejahtera atau kawasan terpencil yang kita kategorikan sebagai masyarakat yang rentan," ujar Reisa.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.