Kompas.com - 26/06/2021, 06:30 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Simak 10 negara paling kuat di dunia 2021 berdasarkan hasil kajian dan penelitian sejumlah lembaga dan media internasional.

Dikutip dari Usnews, negara-negara paling kuat di dunia adalah mereka yang secara konsisten mendominasi berita-berita utama, menyita perhatian para pembuat kebijakan dan membentuk pola-pola ekonomi global.

Kebijakan luar negeri dan anggaran militer mereka dilacak secara moral. Ketika mereka membuat janji, setidaknya beberapa komunitas internasional percaya bahwa mereka akan menepatinya.

Pemeringkatan 10 negara paling kuat di dunia ini berdasarkan survei yang dilakukan BAV grup, sebuah unit perusahaan komunikasi marketing VMLY&R, dan The Wharton School of Pennsylvania Unversity.

Survei negara paling kuat dilakukan dengan responden 17.000 orang dari empat wilayah untuk meneliti persepsi 78 negara dengan 76 metrik yang berbeda.

Baca juga: KISAH MISTERI: Pasukan X, Satuan Komando Rahasia Yahudi, Pahlawan Perang Dunia II

Penilaian negara-negara paling kuat di dunia berdasarkan pada sejumlah kategori yang berkaitan dengan kekuatan suatu negara, yakni pemimpin, pengaruh ekonomi, pengaruh secara politik, aliansi internasional yang kuat, dan militer yang kuat.

Ada pegeseran posisi negara-negara paling kuat di dunia. Misalnya China menggeser posisi Rusia yang pada tahun lalu berada di posisi kedua negara paling kuat. Namun kedua negara itu sama-sama memiliki anggaran militer yang besar. Kini Rusia berada di peringkat ketiga negara paling kuat di dunia.

Sementara Amerika Serikat masih tetap berada pada peringkat pertama negara paling kuat di planet ini. Negeri Paman Sam memiliki ekonomi dan anggaran militer terbesar di dunia, yakni sekitar 732 miliar dollar AS untuk peralatan dan personal militer pada tahun 2019.

Negara ini adalah pemimpin atas apa yang disebut dengan perang terhadap terorisme, memiliki kontribusi terbesar untuk NATO dan sekutunya dengan menyumbangkan bantuan militer miliaran dolar kepada negara-negara di dunia. Amerika Serikat disebut sudah mengeluarkan 33 miliar dolar bantuan ekonomi dan sekitar 13 miliar dolar bantuan militer pada 2019.

Negara-negara selanjutnya yang dianggap paling kuat di dunia yang menduduki peringkat keempat, kelima, keenam, dan ketujuh masing-masing Jerman, Inggris, Jepang dan Perancis. Jepang berada di peringkat keenam, menggantikan posisi Perancis yang kini berada di posisi ketujuh.

Empat negara ini kerap mengeluarkan bantuan internasional yang besar kepada negara-negara lain.

Sementara posisi ke delapan dan sembila diduduki Korea Utara dan Arab Saudi. Keduanya naik kelas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.