Fakta Gempa Maluku Tengah: Lokasi hingga Adanya Tsunami Kecil

Kompas.com - 17/06/2021, 07:32 WIB
Ilustrasi gempa SHUTTERSTOCK/Andrey VPIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 6,1 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,0 magnitudo mengguncang wilayah Maluku Tengah pada Rabu (16/6/2021).

Gempa tektonik ini mempunyai episenter di laut pada jarak 69 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku dengan kedalaman 19 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," kata Bambang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: 2 Menit Setelah Gempa di Maluku Tengah Muncul Tsunami, Ini Penyebabnya

Bambang mengatakan, guncangan terasa di Tehoru, Masohi, Bula, Kairatu, Saparua, Wahai III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu), Pulau Ambon II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Selain itu, gempa menyebabkan kerusakan di beberapa rumah tinggal dan salah satu pagar gereja di Desa Sounulu, Kecamatan Tehoru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tsunami kecil

Secara terpisah, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyampaikan sejumlah fakta mengenai gempa yang mengguncang Maluku Tengah ini.

Daryono mengatakan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu aktivitas sesar aktif yang diduga berasosiasi dengan Zona Sesar Kawa.

Menurut dia, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: 55 Rumah Warga di Maluku Tengah Rusak akibat Gempa

Namun, berdasarkan hasil observasi tinggi muka air laut menunjukkan ada kenaikan dan terjadi tsunami kecil yang diduga kuat berkaitan longsoran bawah laut yang dipicu gempa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X