Kompas.com - 06/05/2021, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa makanan tak memiliki shelf life atau usia simpan cukup lama. Tapi beberapa makanan lagi, secara alami mengandung bahan-bahan yang bisa awet lama.

Jenis makanan ini jika disimpan dengan cara yang tepat, bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Jadi cocok digunakan sebagai bahan stok makanan, karena Anda tak perlu takut ia gampang membusuk.

Makanan yang gampang membusuk biasanya mengandung terlalu banyak air atau minyak. Dan hanya bisa awet jika dikeringkan atau diberi pengawet serta dikemas dalam wadah kaleng yang aman.

Penyimpanan makanan paling benar adalah diletakkan di suhu ruang atau suhu dingin kulkas. Penyimpanan di dalam freezer atau dengan cara pembekuan justru akan membuat makanan gampang membusuk nantinya.

Nah berikut ini adalah jenis bahan makanan dengan usia simpan lama.

Baca juga: Baking Soda Ampuh Bersihkan Zat Pestisida pada Buah dan Sayur

1. Kentang

Ilustrasi kentangPixabay/Guvo59 Ilustrasi kentang
Dilansir dari laman Usatoday.com, Kentang bisa bertahan hingga 5 mingguan jika disimpan dengan cara yang baik dan benar.

Cara menyimpan kentang adalah diletakkan di tempat kering, sejuk dan gelap. Jangan tempatkan kentang di ruangan yang banyak tersiram cahaya matahari karena akan bisa memancing kentang tumbuh tunas.

Jangan pula menyimpan kentang di dekat bawang merah. Karena keduanya akan saling mengeluarkan reaksi gas dan mempercepat pembusukan. 

2. Bawang merah.

Bawang merah bisa tahan hingga dua bulan jika Anda tidak menyimpannya di dekat kentang atau di ruangan yang terkena cahaya matahari.  

Simpan bawang merah di ruangan yang sejuk, kering dan cenderung gelap. Anda bisa menggantung bawang merah untuk hasil terbaik. Jika ditumpuk dalam wadah, bagian paling bawah akan lebih cepat membusuk karena lembab.

3. Apel

Jika disimpan dengan cara yang benar, apel bisa tahan berbulan-bulan.Unsplash/Priscilla Du Preez Jika disimpan dengan cara yang benar, apel bisa tahan berbulan-bulan.
Buah yang ranum merah ini bisa awet selama 5 hari hingga 6 bulan lamanya, tergantung penyimpanan. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.