Doa untuk 53 Awak Kapal KRI Nanggala-402

Kompas.com - 26/04/2021, 07:11 WIB
Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012). Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012). Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.

SAMPAI saat naskah ini ditulis, kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan hilang di kawasan utara pulau Bali belum berhasil diketemukan meski kapal-kapal perang TNI AL telah paripurna dikerahkan serta Indonesia juga telah meminta bantuan Singapura dan Australia yang memiliki kapal penyelamat kapal selam.

Harapan

Dalam jumpa pers di Bali pada Sabtu, 24 April 2021, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah memaklumatkan kenaikan status pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 dari tahap hilang kontak ke tahap tenggelam.

Panglima TNI juga berpersan agar harapan sekecil apa pun harus tetap dijaga sampai seluruh 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dapat diselamatkan.

Panglima TNI menegaskan bahwa operasi pencarian terhadap KRI Nanggala telah memasuki hari ketiga sejak dinyatakan hilang kontak, Rabu (21/4) dini hari, di perairan sisi utara Pulau Bali.

Sabtu pagi juga merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen bagi kru KRI Nanggala, yakni 72 jam.

Namun apabila tenaga listrik masih berfungsi dapat diharapkan bahwa para awak kapal selam KRI Nanggala-402 masih dapat memperoleh oksigen untuk bernafas selama sampai dengan lima hari.

Doa

Sebagai insan awam militer apalagi kapal selam, saya tidak mampu berbuat banyak kecuali bersujud demi dengan penuh kerendahan hati memberanikan diri memanjatkan doa permohonan perkenan Yang Maha Kuasa menganugerahkan karunia kekuatan lahir batin kepada 53 awak kapal KRI Nanggala-402 yang sedang bertugas sebagai patriot bangsa menjaga kedaulatan keamanan perairan Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penuh kerendahan serta ketulusan hati, saya juga berdoa memohon perkenan Yang Maha Kuasa memberikan berkah kekuatan lahir batin kepada segenap sanak keluarga 53 awak kapal KRI Nanggala-402 serta juga karunia kekuatan lahir batin kepada segenap serdadu TNI Angkatan Laut bersatupadu dengan Angkatan Darat dan Angkatan Udara dalam ikhtiar perjuangan menyelamatkan 53 awak kapal KRI Nanggala-402. 

Musik dan lirik lagu Gugur Bunga mahakarya Ismail Marzuki mengiringi doa yang dengan penuh kerendahan hati saya panjatkan memohon perkenan Yang Maha Kuasa melimpahkan anugerah kekuatan lahir batin kepada para sanak-keluarga yang ditinggalkan oleh 53 awak kapal KRI Nanggala-402 serta memohon perkenan Yang Maha Kasih menerima arwah 53 awak kapal KRI Nanggala-402 yang telah gugur ketika menunaikan tugas mempertahankan kedaulatan bangsa, negara dan rakyat Indonesia untuk bersama diterima di alam baka di sisi Yang Maha Kasih. Amin.

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri
Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati
Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh sribu
Tanah air jaya sakti
Gugur bungaku di taman hati
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X