Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binatang-binatang dengan Usia Terpanjang, Ada yang Hidup Abadi

Kompas.com - 28/03/2021, 18:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Harapan hidup manusia meningkat dari waktu ke waktu. Berdasar data WHO tahun 2018, harapan hidup pria di Indonesia mencapai angka 67,3 tahun dan wanita Indonesia mencapai 71,4 tahun. 

Harapan hidup manusia rata-rata ada di angka tersebut, yaitu di bawah 100 tahun. Namun tak begitu dengan hewan. 

Manusia terus berupaya menciptakan berbagai terobosan di bidang teknologi dan kesehatan untuk bisa memperpanjang usia. Namun binatang, mereka tak perlu melakukan apa-apa dan bisa hidup lebih lama dibanding manusia.

Hewan tertua yang masih hidup hingga kini, lahir ratusan tahun yang lalu. Melewati dua perang dunia, menyaksikan tenggelamnya Titanic, bahkan mungkin juga menjadi saksi Revolusi Perancis. 

Yang menakjubkan, ada pula beberapa spesies yang dikatakan abadi. Tak mengenal mati.

Baca juga: Berapa Lama Usia Hidup Anjing? Ini Penjelasannya

Lantas apa sajakah hewan berusia panjang ini? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Gajah semak Afrika

Gajah semak Afrika memecahkan rekor sebagai hewan darat terbesar yang memiliki usia terpanjang. Karena kebanyakan hewan dengan usia panjang, memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada gajah.

Gajah semak Afrika ini bisa mencapai tinggi 4 meter dan berat 11 ton. Dengan ukuran sebesar itu, gajah ini bisa bertahan hidup hingga usia 70 tahun bahkan lebih.

2. Sablefish

Ikan ini sering disebut juga dengan nama black cod dan banyak ditemukan di Samudra Pasifik. Sablefish hidup di permukaan laut. Ketika dewasa, ia akan turun hingga ke kedalaman 2700 meter.

Ikan ini bisa bertahan hidup hingga 90 tahun. Di tahun 1998, sempat ditemukan sablefish yang berusia 94 tahun. Ikan ini lahir ketika Theodore Roosevelt masih duduk di kursi presiden Amerika Serikat.

Baca juga: Temuan Baru, Usia Anjing 6 Tahun Setara dengan Usia Manusia 60 Tahun

3. Paus biru

Dari pemandangan udara, ikan paus biru berenang di bawah permukaan Teluk Monterey, CaliforniaShutterstock/Chase Dekker Dari pemandangan udara, ikan paus biru berenang di bawah permukaan Teluk Monterey, California
Ini adalah spesies laut terbesar yang memiliki usia terlama. Jantungnya sebesar mobil dan berat lidah paus biru setara dengan berat gajah dewasa.

Dengan ukuran raksasa, paus biru bisa bertahan hidup hingga 110 tahun. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com