Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Kembalinya Si Asep Hilang dan Pengalaman Pulang

Kompas.com - 23/03/2021, 09:25 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena karunia kesehatan fisik, pikiran dan jiwa di tengah perjalanan waktu yang terasa begitu cepat.

Seminggu lalu ada beberapa peristiwa yang mengingatkan kembali betapa cepatnya waktu berlalu.

Pernyataan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tentang tidak adanya larangan mudik 2021 misalnya mengingatkan Ramadhan akan datang sebentar lagi.

Ritual berupa perpindahan orang dalam jumlah besar dan nyaris serentak menjadi salah satu kesibukan di minggu akhir Ramadhan.

Setelah tahun lalu ada imbauan ke arah larangan mudik karena pandemi, tahun ini imbauan ke arah larangan itu dilonggarkan.

Meskipun Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 masih akan mengkaji soal tidak adanya larangan mudik atau pelonggaran larangan mudik, tampaknya keputusan pelonggaran mudik akan diterapkan.

Hal sama sudah dilakukan saat Idul Adha 2020. Tidak ada larangan mudik saat itu.

Untuk mengenali pergerakan orang yang mulai longgar, tidak perlu menunggu masa mudik.

Ilustrasi layanan tes GeNose C19 di stasiun.PT KAI Ilustrasi layanan tes GeNose C19 di stasiun.
Sebulan terakhir, kamu yang tinggal atau beraktivitas di sekitar Jakarta pasti merasakan kembali kemacetan di jalan-jalan.

Keluhan kemacetan di jalan-jalan yang mulai marak disampaikan di radio-radio adalah tanda makin banyaknya pergerakan orang di jalan-jalan.

Sabtu dan Minggu juga sudah mulai sulit mencari parkir di pusat-pusat perbelanjaan. 

Kabar baik tentunya. Di tengah upaya menjaga kesehatan dengan disiplin merapkan protokol kesehatan, aktivitas ekonomi bisa bergerak perlahan menuju normal.

Ini tidak mudah karena kita berjalan di antara sejumlah tegangan. Menjaga Kesehatan dan memastikan kebutuhan hidup lain yang ditopang aktivitas ekonomi ada dalam tegangan.

Soal tegangan, Kamis (18/3/2021) pagi, kita secara nasional juga menghadapi tegangan sekaligus kekecewaan lantaran perlakuan tidak adil.

Tim bulutangkis Indonesia dipaksa mundur dari turnamen All England 2021 di Birmingham, Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com