Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kulit Pisang, Bahan Kudapan hingga Alat Membersihkan Sepatu

Kompas.com - 18/03/2021, 10:50 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pisang adalah menu sarapan yang paling praktis. Bahkan pisang juga sering dikonsumsi di malam hari sebagai pengganti menu makan malam para penganut diet.

Maka dalam sehari, bisa dibayangkan berapa banyak sampah dari kulit pisang yang bisa dihasilkan di dunia ini.

Kulit pisang sendiri seringnya hanya berakhir begitu saja di tempat sampah. Dibuang, setelah daging buahnya dikonsumsi menjadi buah pencuci mulut atau diracik menjadi sajian dessert.

Padahal kulit pisang memiliki begitu banyak manfaat.

Baca juga: Menakar Manfaat Pisang dari Warna Kulitnya, Begini Caranya

Kulit pisang bisa didaurulang menjadi penyubur tanaman, bahan skin care alami yang efektif, bahan pemutih gigi, pembersih perabotan rumah, juga bahan baku camilan yang unik dan menyehatkan.

Bahan skin care

Dilansir dari laman Healthline, ada beragam cara menyehatkan kulit wajah menggunakan kulit pisang.

  • Untuk mengurangi kerutan dan memutihkan wajah, oleskan bagian dalam kulit pisang ke permukaan wajah. Antioksidan yang ada di dalamnya akan langsung terserap oleh kulit.
  • Untuk meredakan mata panda atau lingkaran hitam di sekeliling mata, letakkan selembar kulit pisang di atas mata yang tertutup. Diamkan selama beberapa menit.
  • Untuk menghilangkan gatal-gatal karena digigit serangga, ambil selembar kecil kulit pisang kemudian oleskan ke area yang terasa gatal dan perih.

Baca juga: Skin Care Dasar bagi Pria untuk Kulit Wajah Lebih Sehat

Memutihkan gigi

Menurut penelitian, kulit pisang mengandung antibakteri yang efektif melawan bakteri A.Actinomycetemcomitans dan P.gingivalis. Kedua bakteri ini adalah biangnya perusak gigi.

Meski belum ada penelitian khusus yang menghasilkan cara terbaik menggunakan kulit pisang untuk mengobati sakit gigi, namun mengoleskan kulit pisang ke email gigi bisa membuat gigi terhindar dari bakteri-bakteri jahat tersebut.

Bahkan disebutkan juga, menggosok gigi menggunakan kulit pisang bisa berguna untuk memutihkan gigi.

Meredakan sakit kepala

Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada gangguan sakit kepala.

Tiap kali kepala terasa sakit, segera ambil satu lembar kulit pisang beku dan letakkan di dahi Anda. Ambil satu lembar lagi, dan letakkan di belakang leher atau tengkuk Anda.

Karena sakit kepala tidak bisa diprediksi kapan akan menyerang, maka sediakan selalu stok kulit pisang beku di kulkas Anda.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Ternyata Juga Bermanfaat Perpanjang Usia

Membersihkan perabotan dan daun tanaman hias

Ilustrasi kulit pisangUnsplash/sigmund Ilustrasi kulit pisang

Kulit pisang efektif digunakan untuk membersihkan perabotan dari kayu dan silver, membersihkan lembar daun tanaman hias yang berdebu, juga membersihkan tas dan sepatu kulit Anda.

Gunakan bagian dalam kulit pisang dan oleskan ke permukaan furnitur kayu, daun, juga tas dan sepatu. Selain debu akan hilang, permukaan juga menjadi lebih cerah dan gilap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com