Kompas.com - 02/03/2021, 19:16 WIB
Beda Pandemi, Endemi, dan Epidemi KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoBeda Pandemi, Endemi, dan Epidemi

KOMPAS.com - Sejak diidentifikasi pertama kali di Wuhan, China pada 2009, Covid-19 kini masih menjadi wabah dunia.

Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini terus menyebar ke berbagai negara. Berbagai upaya dilakukan oleh negara-negara di dunia untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memutuskan Covid-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020. Namun setahun berlalu, penyebaran Covid-19 masih belum berhenti.

Pernyataan terbaru dari WHO bahkan menyebut Covid-19 sebagai penyakit endemik, karena penyakit ini akan terus ada dan tidak pernah sepenuhnya hilang.

Informasi selengkapnya terkait pandemi, endemi dan epidemi serta perbedaannya, dapat disimak dalam infografik berikut ini:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Beda Pandemi, Endemi, dan Epidemi


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X