Kompas.com - 02/03/2021, 16:56 WIB
Ilustrasi kucing bermain benang. PIXABAY/MA-XIAO-TAOIlustrasi kucing bermain benang.

KOMPAS.com - Kucing mogok makan adalah hal yang biasa terjadi. Kucing yang menolak makan akan cenderung lemas, pasif, dan tidak responsif seperti biasanya. 

Penyebab kucing mogok makan sangat beragam, dari yang sepele hingga yang genting dan mengancam nyawa.

Sebagai pemilik, Anda haruslah tenang dalam menghadapi kejadian seperti ini. Amati, kenali peyebabnya, baru kemudian lakukan langkah-langkah penanganan. 

Anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim 2, Indra Setiawati mengatakan bahwa penyebab kucing tak mau makan terkadang hanya soal sepele. Meski tak menutup kemungkinan, ada pula faktor-faktor yang berisiko lain yang harus segera mendapatkan penanganan medis sedari dini.

Tiga penyebab kucing mogok makan

Menurut Indra, penyebab pertama kucing tak mau makan seringkali adalah karena kucing bosan pada menu makanan hariannya.

 "Sama seperti manusia, kucing juga bisa bosan. Dan ketika bosan, kucing akan diam dan menolak makanan yang disodorkan di hadapannya," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

 Penyebab kedua, bisa jadi kucing tengah berganti gigi. Dari gigi bayi ke gigi dewasa. "Sama juga seperti manusia, kucing akan berganti gigi. Hal ini terjadi di usia 4 hingga 5 bulan," paparnya.

Penyebab ketiga, adalah karena kucing tengah sakit. Ketika demam melanda, atau ada masalah di pencernaannya, maka kucing akan menolak makan. Selera makan akan menghilang dan kucing akan lebih sering diam karena lemas.

Baca juga: Ingat, Jangan Lagi Jadikan Tulang Ikan Sebagai Makanan untuk Kucing

Cara mendeteksi dan mengatasi

Lantas bagaimanakah cara memilah penyebab yang pasti dari kucing yang tak mau makan? Amati dan deteksi!

Pertama, ambil kemungkinan si kucing hanya tengah mogok makan. Dalam kasus ini, segeralah ganti menu makanan hariannya dengan menu baru. Jika selama ini selalu menyantap dry food, maka sajikanlah wet food. Makanan basah lebih memiliki aroma kuat yang bisa memancing selera makan kucing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X