WHO Sebut Covid-19 Bisa Jadi Penyakit Endemik, Ini Bedanya dengan Epidemi, dan Pandemi

Kompas.com - 01/03/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 yang menyebar dari Wuhan, China, akhir tahun 2019 lalu, kini masih menjadi wabah dunia. 

Penyebaran virus yang cepat dan luas membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020. 

Kemudian, setelah lebih dari setahun sejak virus tersebut menyebar, banyak negara di dunia yang masih berjuang menurunkan angka kasus. 

Terbaru, WHO menyebut, virus corona bisa menjadi penyakit endemik di sebuah wilayah, meskipun vaksinasi telah mulai dilakukan. 

Baca juga: Ahli Sebut Covid-19 Berpotensi Jadi Penyakit Endemik, Mengapa?

Lalu apa bedanya pandemi, endemi, dan epidemi? Berikut ini penjelasannya: 

  • Endemi

Melansir situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), endemi merupakan penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

Endemi adalah keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Contoh penyakit endemi di Indonesia antara lain malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Epidemi merupakan penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Peningkatan angka penyakit berada di atas normal, yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada populasi suatu di area geografis tertentu.

Contoh penyakit yang pernah menjadi epidemi seperti virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, Avian Influenza/flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan SARS di 2003.

Baca juga: Mengenal Kurva Epidemi dan Pentingnya dalam Penanganan Wabah Corona

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X