[KLARIFIKASI] Bantuan Pemerintah Rp 3,5 Juta Hanya Modal KTP

Kompas.com - 01/03/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Informasi adanya bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,5 juta hanya bermodalkan KTP tersebar di media sosial.

Melalui Facebook, informasi tersebut dibagikan, salah satunya oleh akun Qhisa Putri.

Namun, ada hal yang perlu diluruskan. KTP dalam konteks bantuan yang dimaksud hanya digunakan untuk mengecek apakah seseorang terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Bukan sebagai syarat tunggal untuk menerima bantuan.

Narasi yang beredar

Akun Facebook bernama Qhisa Putri mengunggah sebuah informasi mengenai adanya bantuan sosial sebesar Rp 3,5 juta dari Pemerintah, ke grup Facebook INFO BANSOS CAIR dan PINJAMAN BANK.

Ia merujuk informasi dari sebuah laman, yakni asty.politik.us yang menyebut bantuan tersebut bisa didapatkan hanya dengan memiliki KTP. Informasi itu ia unggah pada hari ini, Senin (1/3/2021).

Berikut ini adalah narasi lengkap yang dituliskan pengunggah:

"Wow masih ada Bantuan 3,5 juta Dari Pemerintah Lumayan Bunda ,untuk modal usaha apa aja Syaratnya Ada Dibawah ya bunda."

Sementara berikut ini adalah teks yang terdapat dalam gambar dan keterangan tautan laman asty.politik.us yang terlihat dalam unggahan Qhisa Putri:

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X