Selamat Ulang Tahun Steve Jobs, Mengenang Sang Pendiri Apple

Kompas.com - 24/02/2021, 13:15 WIB
CEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California. BBCCEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California.

KOMPAS.com - Hari ini 66 tahun yang lalu, tepatnya pada 24 Februari 1955, pendiri Apple, Steve Jobs lahir.

Steve Jobs adalah salah satu pendiri Apple dan seorang pionir yang berjasa merevolusi teknologi komputer.

Teknologinya seperti Mac, Macbook, iPhone, iPod, iPad, Mac OS, terus diminati dan berkembang sampai sekarang.

Masa kecil

Melansir Britannica, Steve Jobs atau Steven Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, dari pasangan Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali.

Steve Jobs kemudian diadopsi oleh Clara dan Paul Jobs. Clara adalah seorang akuntan dan Paul seorang insinyur mesin.

Mereka tinggal di Mountain View, California, sebuah daerah yang sekarang lebih dikenal sebagai Silicon Valley.

Semasa kecil, Jobs gemar membantu ayahnya mengerjakan perkakas elektronik di garasi di rumah mereka. Dari situ lah, minatnya akan elektronik dan teknologi muncul.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenang Steve Jobs, Sang Pendiri Apple

Mendirikan Apple

Steve Jobs drop out dari Reed College di Portland Oregon dan memutuskan bekerja di Atari sebagai desainer video game pada awal 1974.

Pada musim gugur 1974, Jobs bertemu kembali dengan teman semasa SMA, Stephen Wozniak, yang bekerja di Hewlett-Packard Company.

Wozniak memberitahu Jobs salah satu desain papan induk atau logic board buatannya. Jobs pun mengajaknya untuk berbisnis bersama dan keluar dari Hewlett-Packard.

Apple I adalah produk pertama mereka yang dibuat di garasi rumah Jobs. Biaya pembuatannya dari hasil penjualan mobil VW milik Jobs dan kalkulator milik Wozniak.

Setelah berhasil membuat Apple I, mereka sepakat mendirikan Apple Computer pada 1977.

Bersamaan dengan itu, produk kedua mereka Apple II telah selesai. Produk mereka sukses seiring era komputer personal yang saat itu sedang booming.

Perusahaan mereka menawarkan saham ke publik pada tahun 1981 dan masuk rekor tercepat dalam daftar Fortune 500 perusahaan top Amerika pada 1983.

Pada Januari 1984, Jobs memperkenalkan Macintosh, akan tetapi Mac generasi pertama ini kurang bertenaga dan mahal. Hasil penjualan Macintosh jeblok.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X