Vaksinasi Covid-19 Dimulai Hari Ini, Apakah Dilakukan Serentak Seluruh Indonesia?

Kompas.com - 13/01/2021, 13:33 WIB
Petugas medis menata tempat tidur saat persiapan ruang vaksinasi COVID-19 di RSUD Kardinah, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021). RSUD Kardinah akan menerima kedatangan vaksin COVID-19 dari Provinsi Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi tenaga medis. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww. ANTARA FOTO/Oky LukmansyahPetugas medis menata tempat tidur saat persiapan ruang vaksinasi COVID-19 di RSUD Kardinah, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021). RSUD Kardinah akan menerima kedatangan vaksin COVID-19 dari Provinsi Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi tenaga medis. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.

KOMPAS.com - Tepat pada hari ini, Rabu (13/1/2021), program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai.

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac.

Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

Dalam pemberian izinnya, BPOM melakukan kajian hasil uji klinis tahap akhir pengujian vaksin, termasuk khasiat atau efikasi vaksin.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

Lantas, apakah vaksinasi dilakukan serentak pada hari ini, Rabu (13/1/2021)?

Penjelasan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, program vaksinasi Covid-19 tidak digelar secara serentak pada hari ini, Rabu (13/1/2021).

"Endak serentak, Hari ini hanya di pusat saja," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/1/2021) siang.

Vaksinasi Covid-19 di daerah-daerah, imbuhnya direncanakan akan digelar besok, Kamis (14/1/2021).

"Daerah di 34 provinsi, baru besok ya," papar Nadia.

Baca juga: Melonjak Jadi 70 Daerah, Berikut Update Zona Merah di Indonesia, Seluruh DIY Merah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X