Sosok Wahyu Trenggono, dari Bendahara TKN, Wamenhan, hingga Menteri KP

Kompas.com - 22/12/2020, 18:01 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Joko Widodo melantik 12 orang wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOWakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Joko Widodo melantik 12 orang wakil menteri Kabinet Indonesia Maju.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Dia akan menggantikan jabatan Edhy Prabowo yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengenalan Wahyu sebagai Menteri KP dilakukan Jokowi melalui konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (22/12/2020) pukul 15.30 WIB.

"Pelantikan akan dilaksanakan, insyaallah besok pagi," kata Jokowi dikutip dari siaran langsung KompasTV, Selasa (22/12/2020).

Profil Wahyu Trenggono

Wahyu lahir di Semarang, 3 November 1962. Ia merupakan lulusan S1 Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1986 dan meraih gelar S2 Magister Management ITB pada 2006.

Dikutip dari Tribunnews.com, Wahyu merupakan pendiri PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2007 ini bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e-commerce.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jokowi Tunjuk Wahyu Trenggono Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Sebelumnya, dia juga telah memiliki PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP) dan PT Tower Bersama Infrastruktur.

Dilansir Kompas.com, 25 Oktober 2019, Wahyu sempat berkecimpung di dunia politik sebagai Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (PAN), saat ketua umum dijabat Hatta Rajasa.

Kemudian, pada masa Pilpres 2019, Wahyu terlibat dalam kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia menjadi bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Selanjutnya, saat Jokowi dilantik untuk periode keduanya, Wahyu ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X