Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Diana, Kecelakaan Tragis, dan Althorp Park...

Kompas.com - 06/09/2020, 11:45 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 23 tahun lalu, atau tepatnya pada 6 September 1997, Lady Diana dimakamkan. Dia lahir pada 1 Juli 1961.

Istri pertama Pangeran Charles itu meninggal karena kecelakaan 31 Agustus 1997 dan baru dimakamkan 5 hari setelah kematiannya.

Dilansir History, pemakamannya diadakan di London. Diperkirakan satu juta orang berbaris di rute pemakaman, yaitu dari rumahnya di Istana Kensington ke Westminster Abbey.

Baca juga: Beberapa Catatan soal Resesi Inggris...

Tempat pemakaman Lady Diana adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi danau di Althorp Park.

Itu adalah tanah leluhur keluarganya di Northamptonshire, Inggris.

Dikutip BBC, rencana awalnya dia dimakamkan di lemari besi keluarga di gereja lokal dekat Great Brington. Tapi kakaknya, Earl Spencer, mengubah rencana.

Baca juga: Natuna, Menteri Inggris dan Pandangan Ahli Geopolitik Jepang...

Kakaknya mengatakan, dirinya prihatin dengan keselamatan dan keamanan publik. Akhirnya dia ingin saudara perempuannya itu dimakamkan di kuburan yang dapat dirawat dengan baik dan dikunjungi secara pribadi oleh putranya.

Althorp House, rumah keluarga Diana, terletak di daerah pedesaan Northamptonshire seluas 15.000 hektar, berdiri satu mil jauhnya.

Dalam lima abad, 20 generasi keluarga telah dimakamkan di Kapel Spencer. Itu termasuk ayah Diana yang meninggal pada 1992.

Baca juga: Kisah Connie, Nenek 106 Tahun di Inggris yang Sembuh dari Covid-19...

Prosesi pemakaman

Diberitakan Kompas.com (6/9/2019) prosesi pemakaman tersebut diawali dengan iring-iringan kereta pembawa jenazah yang meninggalkan Kopel Royal di Istana St James.

Sebanyak 533 wakil dari 106 yayasan amal dari seluruh dunia yang pernah diikuti oleh Putri Diana juga turut serta dalam rombongan.

Dari Istana St James, jenazah Putri Diana dibawa menuju Katedral Westminster Abbey, tempat diselenggarakannya ibadat pemakaman.

Ibadat pemakaman itu dipimpin langsung oleh Uskup Agung Canterbury dari Gereja Anglikan Inggris, George Carey, dan dihadiri sekitar 2.000-an pelayat dari seluruh dunia.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Legenda Film Bisu, Charlie Chaplin Meninggal Dunia

Ibadat pemakaman diawali dengan ucapan selamat datang dan pengantar oleh Pendeta Westminster Abbey, Rev Wesley Carr, tentang beberapa tonggak sejarah hidup Putri Diana.

Seluruh pelayat menyanyikan lagu kegemaran Putri Diana I Vow to Thee, My Country yang pernah dilantunkan Putri Diana pada pernikahannya bersama Pangeran Charles.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com