Beberapa Catatan soal Resesi Inggris...

Kompas.com - 13/08/2020, 11:04 WIB
Para pengunjung saling dorong saat memasuki Nike Town yang dibuka lagi usai lockdown, Senin (15/6/2020). Toko ini berlokasi di Oxford Street, London, Inggris. REUTERS/MATTHEW CHILDSPara pengunjung saling dorong saat memasuki Nike Town yang dibuka lagi usai lockdown, Senin (15/6/2020). Toko ini berlokasi di Oxford Street, London, Inggris.

KOMPAS.com - Perekonomian Inggris mengalami penyusutan 20,4 persen dibandingkan dengan tiga bulan pertama tahun ini.

Hal ini mendorong negara itu jatuh ke dalam jurang resesi teknis pertamanya, sejak 2009 silam.

Kanselir Rishi Sunak mengatakan, pemerintah kini sedang bergulat dengan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan penuh ketidakpastian.

Sementara kanselir bayangan Anneliese Dodds menyalahkan Perdana Menteri Boris Johnson atas skala penurunan ekonomi ini.

Baca juga: Saat Ratusan Orang Meninggal karena Salah Informasi Covid-19...

Adakah tanda-tanda akan membaik?

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan, ekonomi telah bangkit kembali pada Juni 2020 karena penguncian mulai dilonggarkan.

Pada skala bulan ke bulan, ekonomi tumbuh sebesar 8,7 persen pada Juni 2020, setelah pertumbuhan 1,8 persen pada Mei 2020.

Namun, wakil ahli statistik nasional untuk statistik ekonomi Jonathan Athow mengatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) Juni masih berada di bawah level Februari 2020.

"Meskipun demikian, produk domestik bruto (PDB) pada bulan Juni masih berada di urutan keenam di bawah levelnya pada bulan Februari, sebelum virus menyerang," kata dia.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Resesi Ekonomi dan Bedanya dengan Depresi Ekonomi

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X