Oktober 2020, Rusia Jadwalkan Vaksinasi Massal Covid-19

Kompas.com - 01/08/2020, 20:50 WIB
Foto yang diambil pada 29 Januari, 2020, menunjukkan turis mengenakan masker saat mengunjungi Red Square di Moskow, Rusia. Pada 31 Januari, Rusia mengatakan ada 2 warga China yang positif terkena novel coronavirus. AFP/DIMITAR DILKOFFFoto yang diambil pada 29 Januari, 2020, menunjukkan turis mengenakan masker saat mengunjungi Red Square di Moskow, Rusia. Pada 31 Januari, Rusia mengatakan ada 2 warga China yang positif terkena novel coronavirus.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Rusia sedang mempersiapkan kampanye vaksin massal terhadap virus corona pada Oktober 2020.

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengatakan, sebuah fasilitas penelitian negara di Moskow, Gamaleya Institute, telah menyelesaikan uji klinis vaksin dan sedang mempersiapkan dokumen pendaftarannya.

"Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas untuk Oktober," kata Murashko kepada kantor berita lokal, dilansir dari Reuters, Sabtu (1/8/2020).

Menurut dia, dokter dan guru akan menjadi yang divaksinasi.

Sebuah sumber mengatakan, potensi vaksin Covid-19 pertama Rusia ini akan mendapatkan persetujuan lokal pada Agustus 2020 dan diberikan kepada petugas kesehatan segera sesudahnya.

The Gamaleya Institute telah mengerjakan vaksin berbasis adenovirus.

Baca juga: Rusia Klaim Setujui Vaksin Virus Corona pada Pertengahan Agustus

Namun, cepatnya pengujian ini membuat beberapa media Barat skeptis dan mempertanyakan kualitas vaksin tersebut.

Kepala Dana Investasi Langsung Rusia, Kirill Dmitriev menyamakan keberhasilan Rusia dalam mengembangkan vaksin ini dengan peluncuran Sputnik 1 1957 Uni Soviet, satelit pertama di dunia.

Sementara itu, pejabat penyakit menular top Amerika Serikat Anthony Fauci juga telah menyuarakan kekhawatirannya terhadap vaksin Covid-19 sedang dikembangkan oleh China dan Rusia itu.

Dia menjelaskan, negaranya tak mungkin menggunakan vaksin apa pun yang dikembangkan oleh kedua negara itu.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X