Terapi Pasien Covid-19 di RSD Bagas Waras Klaten: Diajak Mancing Lele

Kompas.com - 23/06/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi memancing shutterstockIlustrasi memancing

KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten miliki cara unik untuk mengobati pasien Covid-19. Selain dengan perawatan klinis kedokteran, juga dengan mengajak pasien memancing ikan lele di kolam.

“Sebagai salah satu upaya (kesembuhan),” terang Dr. Limawan Budiwibowo, M. Kes selaku Direktur RSUD Bagas Waras saat dihubungi Kompas.com Selasa (22/6/2020).

Limawan menerangkan, memancing menjadi salah satu cara agar pasien tidak mengalami kebosanan selama di ruang isolasi.

Dia menegaskan kolam berisi ikan lele tersebut bukanlah kolam yang dibuka untuk umum, tapi merupakan kolam yang murni untuk refreshing pasien rumah sakit.

Tak hanya memancing, beragam kegiatan juga dilakukan oleh pasien selama berada dalam perawatan agar semakin membaik kondisinya. 

“Seminggu 2 kali, pasien diajak berjemur, jalan sehat, senam bersama dan mancing di kolam taman,” ungkap Limawan.

Baca juga: Lima Pasien Covid-19 di Gunungkidul Sembuh Bersamaan

Meningkatkan imunitas

Tujuan kegiatan ini, menurutnya, selain menghindarkan kebosanan pasien, juga sebagai cara agar imunitas pasien meningkat.

“Dengan kegiatan tersebut pasien merasa gembira, tambah semangat sehingga bisa meningkatkan status imunitasnya untuk mempercepat poses penyembuhan,” jelas Limawan.

Sebelum pasien ke luar dari kamar isolasi untuk berkegiatan, pasien diwajibkan menandatangani persyaratan untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan sesuai protokol kesehatan.

Selain itu, pasien didampingi instruktur senam, sekuriti, dokter, perawat, dan tenaga kesehatan tanpa melibatkan pihak luar untuk menghindari penularan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X