Kompas.com - 23/06/2020, 08:06 WIB

KOMPAS.com - Hingga Sabtu, 20 Juni 2020, Mongolia mencatat ada 204 kasus virus corona di negara itu.

Catatan tersebut terbilang mengesankan, sebab semua kasus merupakan kasus impor, dan nol kematian. Sementara itu, tidak ada satu orang pun yang terinfeksi di dalam negeri.

Banyak orang Mongolia mengaitkan tingkat infeksi yang rendah ini dengan beberapa faktor, seperti udara bersih dan asupan makanan yang bergizi dari daging dan susu.

Mereka juga percaya bahwa setelah sekian generasi menunggang kuda, menggembalakan domba, serta bertahan dari suhu yang dramatis, -60 hingga 45 derajat Celcius, telah membuat tubuh mereka lebih sehat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Mungkin yang paling penting, adalah warisan Genghis Khan, yang diyakini orang Mongolia telah membuat mereka aman.

Melansir SCMP, seorang tabib, seorang biksu, dan seorang dokter semuanya merujuk Genghis Khan sambil menjelaskan alasan Mongolia begitu sukses dalam memerangi pandemi virus corona.

Baca juga: Waspada Virus Corona, Presiden Mongolia Dikarantina Usai Kembali dari China

Hidup tanpa beban

Enkh-Ouyn Byambadorj, seorang dukun, menerima pengunjung di sebuah ruangan besar, dihiasi dengan rambut kuda, jimat dan altar untuk menghormati Genghis Khan.

Dia mengatakan bahwa orang Mongolia hidup dan makan sederhana, dengan langit biru, daging segar dan susu, serta tidak mengalami stres dan konsumerisme yang dihadapi oleh orang-orang dari negara lain.

Faktor lain adalah ketangguhan masyarakat Mongolia, yang berasal dari gaya hidup nomaden dan sejarah agung Kekaisaran Mongolia.

Ketika Genghis Khan mengerahkan pasukan besarnya dan ratusan ribu kuda melintasi padang rumput dan padang pasir, untuk menaklukkan sebagian besar dunia, mereka tidak bisa bergantung pada pemerintah atau kekuatan lain untuk menyelamatkan mereka.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.