BPOM Tegaskan Dexamethasone Obat Keras, Harus dengan Resep Dokter

Kompas.com - 19/06/2020, 17:16 WIB
Dexamethasone (deksametason) merupakan obat pertama yang terbukti efektif mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah. SHUTTERSTOCK/MAXIM ERMOLENKODexamethasone (deksametason) merupakan obat pertama yang terbukti efektif mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa Dexamethasone tidak dapat digunakan untuk pencegahan Covid-19.

Hal itu disampaikan melalui penjelasan tertulis melalui laman resmi Badan POM, pom.go.id.

"Dexamethasone tidak dapat digunakan untuk pencegahan Covid-19," demikian pernyataan Badan POM.

Badan POM juga menegaskan bahwa dexamethasone golongan steroid dan merupakan obat keras yang terdaftar di Badan POM.

Pembeliannya harus dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter.

Penggunaan dexamethasone tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping yang beragam.

Efek samping itu di antaranya menurunkan daya tahan tubuh, meningkatkan tekanan darah, diabetes, moon face dan masking effect serta efek samping lainnya yang berbahaya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gugus Tugas: Dexamethasone Bukan Obat Cegah Covid-19

"Badan POM terus memantau dan menindaklanjuti hasil lebih lanjut terkait penelitian ini serta informasi terkait penggunan obat untuk penanganan Covid-19 dengan melakukan komunikasi dengan profesi kesehatan terkait seperti WHO dan Badan Otoritas Obat negara lain," kata Badan POM.

Oleh karena itu, Badan POM meminta kepada masyarakat agar tidak membeli obat dexamethasone dan steroid lainnya secara bebas tanpa resep dokter, termasuk membeli melalui platform online.

Penjualan obat dexamethasone dan steroid lainnya, termasuk melalui online tanpa ada resep dokter dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X